Saturday, September 7, 2024
spot_img
HomeWisataSudah Masuk Proses Lelang, Objek Wisata Deles Indah Klaten Akan Ditata Ulang

Sudah Masuk Proses Lelang, Objek Wisata Deles Indah Klaten Akan Ditata Ulang

Published on

spot_img

Soloevent.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten telah siap melakukan penataan ulang di objek wisata Deles Indah di kawasan hutan Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang. Bahkan program ini telah masuk tahap proses lelang dan akan segera dilaksanakan pada Juli 2024 mendatang. Sehingga diharapkan lelang tersebut dapat berjalan lancar karena harus secepatnya disusul dengan tanda tangan kontrak.

Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Klaten, Sri Nugoro memberi penjelasan, revitalisasi tersebut berpedoman pada petunjuk teknis dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Adapun sasarannya antara lain yaitu penataan landscape, pembangunan pusat informasi wisata, dan sarana pendukung seperti toilet, mushola, dan sebagainya.

Sedangkan anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp5,6 miliar dan lahan yang akan ditata terletak di sebelah kiri dan kanan Pesanggrahan Paku Buwono X. Luas keseluruhannya mencapai sekitar 4.000 meter persegi dan saat ini berada dalam keadakaan bera atau mangkrak.

Di sisi lain Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sidorejo, Sukiman berpendapat, proyek penataan ulang di Deles Indah merupakan tanda perhatian dari pemerintah atas objek wisata alam yang terletak di lereng Gunung Merapi tersebut. Dia sangat berharap agar program ini bisa membantu mengembangkan kegiatan wisata dan meningkatkan perekonomian warga. Selain itu juga dapat memunculkan efek positif lain dan mengangkat potensi lokal.

Kisah Masa Lalu dan Harapan

Beberapa tahun sebelum ini, Deles Indah merupakan sebuah objek wisata yang sangat terkenal di Klaten. Pengunjungnya tidak hanya berasal dari daerah setempat saja, namun  juga ada yang datang dari luar kota. Mereka tertarik berlibur ke sini karena mempunyai panorama alam indah, segar dan menyejukan.

Bahkan ketika itu acap digelar berbagai acara hiburan seperti pertunjukan kesenian tradisional, atraksi musik baik modern atau etnik, dan masih banyak lagi. Namun seiring perjalanan waktu, kondisinya mulai berubah dan detinasi ini menjadi sepi, kemudian terlantar.

Beberapa waktu lalu sebenarnya ada sejumlah warga yang berusaha membangkitkan kembali kegiatan wisata di Deles Indah. Mereka mengadakan event budaya bertajuk ‘Kirab Ruwah’ dan ini bisa berjalan hingga empat kali. Setelah itu mandeg karena tidak banyak pengunjung yang tertarik untuk datang akibat kondisi jalan yang rusak.

Untuk saat ini jalan tersebut sudah diperbaiki pada tahun 2022 oleh Pemkab Klaten. Kendati demikian berdasarkan pengalaman masa lalu, ada harapan agar ada upaya mengaktifkan lagi kegiatan budaya dan kesenian di destinasi tersebut. Karena dengan adanya atraksi ini banyak wisatawan yang makin tertarik berkunjung, selain menikmati keindahan alam.

Dengan adanya harapan tersebut, muncul keinginan lain dari warga berupa pendampingan dan pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) oleh dinas terkait. Sehingga kedepannya sistem kelola Deles Indah bisa bertambah baik dan berjalan secara profesional.

Artikel Populer

Artikel Terbaru

Solo Grand Mall Gelar Lomba Panjat Pinang sebagai Langkah Awal Renovasi Menuju Tampilan Modern di 2025

Soloevent.id - Surakarta, 31 Agustus 2024 - Solo Grand Mall sukses menyelenggarakan Lomba Panjat...

Rakerda IHGMA Jawa Tengah 2024 Bahas Optimalisasi Potensi Lokal

Soloevent.id - Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) wilayah Jawa Tengah telah sukses menggelar...

Menyambut Seni Pertunjukan Multikultural – SIPA 2024 Day 2

Soloevent.id - SURAKARTA – Solo International Performing Arts (SIPA) 2024 kembali memukau penonton...

More like this

Pertama kali, Festival Waduk Cengklik Akan Dipenuhi Beragam Acara

Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali, dan TNI AU Lanud...

Usaha Menciptakan Desa Wisata Baru dan Ekonomi Kreatif di Kabupaten Sukoharjo

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo makin giat merintis dan menciptakan desa wisata baru dan pusat...

Menjaga Peran Balekambang Sebagai Objek Wisata dan Pusat Pelestarian Lingkungan

Usai sekian lama menjalani program revitalisasi, Taman Balekambang Solo dibuka lagi untuk umum. Wakil...