23 C
New York
Sunday, July 21, 2024

Buy now

spot_img

Inilah Makna Nama Dari 2 Anak Gibran dan 3 Cucu Presiden Jokowi Lainnya

Soloevent.id – Belum lama ini tepatnya pada Sabtu pagi, 28 Juli 2023 kemarin Walikota Surakarta, Gibran Rakabumingraka mengadakan kunjungan ke Solo Safari. Kehadirannya dalam rangka untuk memeriahkan acara bertajuk ‘Senam dan Pentas Ceria Anak Indonesia’.

Di kesempatan ini Gibran tidak datang sendirian saja tetapi mengajak kedua anaknya, Jan Ethes Srinalendra dan La Lembah Manah. Bagi sebagian orang, pemberian nama untuk cucu Presiden Jokowi ini mungkin terasa unik. Apalagi selama ini hampir tidak ada orangtua lain yang mengasih anaknya dengan nama-nama tersebut.

Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah

Jika ditelaah lebih lanjut, masing-masing dari nama ini memiliki arti dan makna yang mendalam. Dalam bahasa Jawa, kata ‘Jan’ punya makna ‘sangat’ dan ‘Ethes’ adalah ‘cekatan’ dan‘Srinarendra’ bermakna sebagai ‘pemimpin cerdas’. Melalui pemberian nama ini, Gibran dan istrinya Selvi Ananda berharap anak sulungnya tersebut dapat menjadi pemimpin yang sangat cerdas dan cekatan.

Sedangkan La Lembah Manah yang merupakan gabungan ‘La’ dan ‘Lembah Manah’ juga sama-sama berasal dari bahasa Jawa. Kata ‘La’ adalah singkatan dari ‘luwes’ dan ‘loma’ yang artinya mudah adaptasi dan suka berbagi. Sedangkan ‘Lembah Manah’ punya pengertian sebagai sifat rendah hati.

Jadi penggunaan nama ini adalah wujud doa orangtua kepada anaknya agar menjadi anak yang gampang menyesuaikan diri, suka berbagi, dan rendah diri.

Putra Putri Pasangan Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu

Selain Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah, Presiden Jokowi masih memiliki 3 cucu lain yang merupakan anak dari pasangan Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu. Kahiyang Ayu adalah anak kedua Presiden Jokowi dan mendapat karunia 3 anak.

Anak pertama berjenis kelamin perempuan dan dikasih nama Sedah Mirah Nasution. ‘Sedah’ adalah suatu istilah yang dalam bahasa Jawa mengandung makna ‘menawan’ atau ‘cantik’. Sedangkan ‘Mirah’ punya arti ‘dermawan’, dan ‘Nasution merupakan nama marga ayah Bobby Nasution yang berasal Sumatera Utara.

Kemudian untuk anak kedua yang jenis kelaminnya laki-laki, Bobby dan Kahiyang sepakat mengasih buah hati mereka dengan nama Penembahan Al Ahyan Nasution. ‘Panembahan’ merupakan suatu sebutan dalam bahasa Jawa yang di masa lalu sering ditujukan pada seseorang yang punya pangkat tinggi di kerajaan.

Sedangkan ‘Al Nahyan’, berasal dari bahasa Arab yang mengandung makna bijaksana. Selain itu menjadi salah satu marga terhormat di kalangan keluarga Uni Emirat Arab.

Kepada putra ketiganya, Bobby dan Kahiyang mengasih nama Panembahan Al Saud Nasution. Sama seperti ‘Al Nahyan’, ‘Saud’ juga berasal dari bahasa Arab dan punya arti ‘keberuntungan’ atau ‘mendapat berkah’.

Semua pasti menyetujui dengan pernyataan yang menyebutkan bahwa nama anak itu merupakan wujud dari doa orangtua bagi anaknya. Maka sangatlah wajar jika Gibran dan istrinya Selvi Ananda memberi buah hati mereka dengan nama-nama yang penuh makna. Demikian pula yang dilakukan oleh Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
21,900SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles