Soloevent.id – Di masa pemerintahan raja Perancis sudah dikenal topeng besi, bila kita melihat legenda dalam film raja Louis 16 dengan cerita topeng besinya. Kita juga mengenal topeng besi saat masa perang kenabian Rosul SAW dengan menggunakan topeng besi sebagai pelengkap dari baju zirah untuk melindungi diri saat perang. Jadi apa fungsi topeng dari masa ke masa ?
Proses Pembuatan
Zaman kerajaan dahulu topeng itu tidak terbuat dari kayu tapi dari batu. Fungsinya bukan untuk menari tapi untuk persembahan pada dewa (sumber;Karimun) . Ketika topeng kemudian berkembang untuk kesenian dan untuk menari maka kemudian topeng terbuat dari kayu yang awalnya berfungsi untuk mengganti wajah dengan karakter baru tanpa harus berdandan. Topeng juga digunakan oleh Panji Asmara Bangun atau Raden Inu Kertapati yang berkelana dan mbarang jantur, atau mengamen dengan musik dan tari sebagai penyamarannya untuk mencari istrinya yang hilang yaitu Dewi Sekartaji atau putri Galuh Candrakirana dari Kediri. Maka kemudian kesenian topeng berkembang di Malang Jawa Timur yang dikenal sebagai topeng Malangan.
Pada kesenian tari klasik di jawa dikenal satu tarian dengan adegan sendratari yaitu cerita Panji Asmarabangun dan Dewi Sekartaji dengan episode pendek. Atau kita bisa melihat tari topeng kelono jika topeng panji Asmara Bangun berwarna putih maka topeng kelono warnanya merah menyala, satu karakter dar prajurit yang gagah. Tariannya pun dengan tempo gamelan yang agak cepat. Di awal tarian penari yang biasanya dibawakan seorang penari perempuan belum memakai topeng, beberapa menit adegan pembuka lalu penari itu berjongkok dan menunduk memakai topeng merah saat itu bunyi gamelan mengalun agak pelan kemudian bangkit lagi menjadi karakter yang berbeda dan music gamelanpun berbunyi dengan tempo lebih cepat lagi. Di akhir tarian juga sama, penari itu menunduk, musik mengalun lambat, dan penari itu membuka topengnya. Jadi awal dan akhir tarian kita bisa melihat wajah asli penari. Dan bagi penonton adegan awal dan akhir itu adalah sebuah lambing keterbukaan dan kejujuran bukan keterpengecutan sebagai sifat ksatria yang ingin dipesankan pada tarian topeng kelono itu.