Tuesday, October 15, 2024
spot_img
HomeWhat's On SoloUpacara Pembukaan Peparnas 2024 Berlangsung Meriah di Stadion Manahan Solo

Upacara Pembukaan Peparnas 2024 Berlangsung Meriah di Stadion Manahan Solo

Published on

spot_img
spot_img

Soloevent.id – Upacara Pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024 berlangsung meriah di Stadion Manahan Solo, Minggu malam (6/10/2024). Acara ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo. Peparnas ke-17 Nusantara Menembus Batas dibuktikan dengan prestasi para juara di kancah nasional maupun internasional.

Nusantara menembus batas adalah sebuah perwakilan semangat persatuan Indonesia untuk melampaui segala keterbatasan sebagai simbol kemajuan dan pembangunan masa baru yang lebih kuat dan inklusif. Peparnas kali ini juga mengusung semangat “Bedo Nanging Digdoyo” atau Berbeda Namun Digdaya yang diartinya sebagai semangat pantang menyerah para juara untuk membela daerahnya namun tetap memegang rasa persatuan.

Ketua PB Peparnas, D.B. Susanto mengatakan, “Kami akan terus bekerja keras untuk memastikan para atlet penyandang disabilitas mendapatkan kesempatan yang sama dalam olahraga dan kehidupan,” ujarnya saat memberikan sambutan di acara Opening Ceremony Peparnas 2024.

Malam itu, upacara pembukaan menampilkan berbagai hiburan yang memukau. Mulai dari penampilan grup band humor asal Solo Pecas Ndahe hingga musisi disabilitas dan penari tradisional. Ada juga penampilan drummer asal Manado Rinaldo yang juga seorang penyandang disabilitas.

Selain itu, rangkaian acara juga dimeriahkan oleh defile atlet dari 35 provinsi di Indonesia. Puncak acara ditutup dengan penampilan legendaris dari grup musik God Bless yang membawakan lagu hits mereka, “Rumah Kita.” serta penampilan dari Yeni Inka menjadi sajian akhir menutup rangkaian Upacara Pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024.

Peparnas adalah suatu ajang kompetisi yang menyerupai Pekan Olahraga Nasional (PON) namun diikuti oleh atlet penyandang disabilitas Indonesia. Perbedaan PON dan Peparnas terletak pada pembagian kelas dan teknis pertandingan, dimana atlet dikelompokkan berdasarkan kondisi fisiknya.

Peparnas ke-17 ini menjadi ajang yang bukan hanya menggembirakan, tetapi juga memberikan inspirasi kepada masyarakat luas tentang kekuatan dan potensi para atlet disabilitas di Indonesia.

Peparnas diikuti oleh 4.625 atlet dan official dari 35 Provinsi di Indonesia. Dalam event yang dijadwalkan mulai 6-13 Oktober 2024 tersebut terdapat 20 cabang olahraga yang dipertandingkan diantaranya bulu tangkis, renang, catur, voli duduk, anggar kursi roda, tenis meja, panahan judo, menembak, angkat berat, atletik, balap sepeda, boccia, taekwondo, lawn bowls, sepak bola lima sisi, bola gawang, tenis kursi roda, basket kursi roda dan e-sport.

Artikel Populer

Artikel Terbaru

Mengenal Asal Usul Kampung Sondakan Lewat Festival SondakArt

Soloevent.id - Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan Solo, menggelar Festival SondakArt selama empat hari mulai...

Rasamadu Heritage Hadirkan ‘Cubic’ Pengalaman Imersif Interaktif Pertama di Solo

Soloevent.id - Rasamadu Heritage atau yang sebelumnya bernama The Heritage Palace, dulunya adalah pabrik...

Srawung Budaya Jebres, Wujud Upaya Peningkatan UMKM dan Pelestarian Budaya

Soloevent.id - Upaya peningkatan Usaha Mikro Kecil Menangah (UMKM) dan pelestarian budaya ternyata bisa...

More like this

Perayaan Hari Kesadaran Internasional Susut dan Sisa Pangan 2024 di Mangkunegaran

Soloevent.id - Pada Minggu, 29 September 2024 kemarin dengan mengambil tempat di Lapangan Pamedanan...

Solo Batik Fashion 2024 Sukses Digelar di Pasar Jongke, Tampilkan 13 Desainer Lokal

Soloevent.id - Solo Batik Fashion (SBF) 2024 digelar dengan tema “Batik is My Soul”...

Pre-Event Solo Batik Fashion 2024 Gelar Pemilihan Putra-Putri Batik di Balaikota Solo

Soloevent.id - Pre-event Solo Batik Fashion (SBF) kembali digelar, Jumat (4/10/2024) di Pendhapi Gedhe Balaikota Solo....