Wednesday, September 18, 2024
spot_img
HomeWisataMeresapi Kesegaran dan Kesejukan Alami di Air Terjun Pletuk Ponorogo

Meresapi Kesegaran dan Kesejukan Alami di Air Terjun Pletuk Ponorogo

Published on

spot_img

Soloevent.id – Selama ini Kabupaten Ponorogo sangat terkenal dengan atraksi kesenian berupa tarian reog yang kepopulerannya sudah berada di tingkat dunia. Namun selain itu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur ini masih memiliki daya tarik lain yang tak kalah memukau berupa sejumlah objek wisata alam.

Salah satu yang sangat menarik dikunjungi adalah Air Terjun Pletuk yang berlokasi di Kelurahan Kranggan, Desa Jurug, Kecamatan Sooko. Dari pusat kota Ponorogo waktu tempuhnya kurang lebih satu jam saja pakai dengan kendaraan pribadi pada kecepatan rata-rata 60 km/jam.

Kondisi jalannya memang belum begitu bagus sehingga harus lebih hati-hati terutama bagi yang pakai motor karena banyak lubang di sepanjang perjalanan. Tetapi pada sisi yang lain, adanya rerimbunan pohon di kiri dan kanan jalan membuat perjalanan jadi tidak terlalu melelahkan.

Selanjutnya setelah sampai di area parkir, harus jalan kaki lebih dahulu sejauh sekitar 500 meter melalui jalan setapak. Namun ketika masih di area ini pula, mulai terdengar suara gemuruh air terjun meski masih samar-samar. Lalu saat kaki melangkah, tak ada hentinya mendapat suguhan pemandangan menyejukan dari bukit-bukit yang dipenuhi oleh beragam tanaman hijau.

Panorama Air Terjun

Setelah sampai di tempat tujuan, pengunjung dapat langsung menyaksikan keindahan Air Terjun Pletuk dengan ketinggian sekitar 100 meter. Jatuhnya air terlihat deras dan membuat tubuh langsung basah jika berada dalam jarak lebih dekat dengan air terjun. Selain itu perlu hati-hati saat ingin bermain karena kadangkala ada batu dan kayu dari atas yang terbawa oleh derasnya arus air.

Air Terjun Pletuk berada pada ketinggian sekitar 450 mdpl, membuat udara sekitarnya selalu terasa dingin namun sangat menyegarkan. Apalagi dengan balutan hutan tropis yang begitu rimbun dan eksotis, bikin siapa saja yang berkunjung jadi semakin betah berlama-lama di tempat ini.

Suara gemercik air yang muncul setiap saat turut menghadirkan suasana syahdu dan menghadirkan kenyamanan maksimal di hutan belantara. Di objek wisata petualangan ini pula terdapat bukit batu yang selama ini kerap dipakai oleh para pecinta alam usia muda untuk panjat tebing.

Bagi yang kurang punya nyali melakukan panjat tebing dan bermain di area air terjun, jangan terlalu risau. Ada aktivitas wisata lain yang tak kalah menarik untuk dilakukan, apalagi kalau bukan berswafoto ria. Ada banyak sekali spot unik yang dapat dijadikan latar belakang pemotretan, khususnya keindahan air terjun dan perbukitan.

Kemudian ketika perut mulai terasa lapar, ada deretan warung kuliner dengan sajian utama jajanan lokal setempat. Meski merupakan hasil masakan warga desa, tetap enak dan nikmat disantap.

Air Terjun Pletuk Kabupaten Ponorogo memang belum dikelola secara profesional. Walau demikian tetap layak jadi kunjungan wisata terutama bagi para pecinta wisata alam dan petualangan. Terlebih harga tiket masuknya sangat murah Rp5.000 saja per orang dan buka setiap hari selama 24 jam.

Artikel Populer

Artikel Terbaru

Tradisi Bagikan Udhik-Udhik di Grebeg Mulud Sekaten Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Soloevent.id - Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menggelar Hajad Dalem Pareden Garebeg Mulud JE 1958...

Festival Teh Indonesia Kumpulkan Pelaku Industri Teh Lokal di Kota Solo

Soloevent.id - Festival Teh Indonesia hadir kembali di Kota Solo, Jumat-Minggu (13-15/9/2024) di area...

Festival Pucakawarti, Kenalkan Budaya dan Kuliner Kelurahan Baluwarti

Soloevent.id - Festival Pucakawarti Vol.2 Baluwarti digelar di kantor Kelurahan Baluwarti, Jumat-Sabtu (13-14/9/2024). Ini...

More like this

Menikmati Keindahan Alam dan Kelezatan Kuliner Laut di Pantai Gesing Gunung Kidul

Pantai Gesing layak jadi tujuan mengisi liburan dengan keluarga atau teman terdekat. Destinasi yang...

Air Terjun Pringgodani Karanganyar, Keindahannya Masih Asli dan Alami

Soloevent.id - Kawasan Lereng Gunung Lawu terutama yang terletak di Kabupaten Karanganyar tak hanya...

Pertama kali, Festival Waduk Cengklik Akan Dipenuhi Beragam Acara

Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali, dan TNI AU Lanud...