Soloevent.id – Seberapa penting, sih, personal branding buat seseorang? Nah, hal itu dikupas di acara Kumpul Kamu yang diadakan Prambors Solo, Selasa (10/9/2019). Ada dua pembicara yang dihadirkan, yaitu Elizabeth Sudira (MC, penyanyi, maskot SIPA 2019) dan Natalia Susana (Food and Beverage Sales Manager The Sunan Hotel Solo).
Eliz (sapaan Elizabeth Sudira) mengemukakan personal branding itu terdiri dari tiga hal yang memperkuat karakter seseorang. “Misal saya sebut kata kunci ‘penyanyi dangdut’, ‘lagu cover’, ‘Asian Games’, orang pasti sudah bisa menebak bahwa dia adalah Via Vallen,” ungkapnya kepada Kawula Muda (sebutan pendengar Prambors) di Imperial Taste The Sunan Hotel Solo.
Perempuan yang pernah ditunjuk sebagai Duta Bahasa itu menyampaikan supaya personal branding atau citra diri seseorang itu kuat, ia harus tahu apa yang ingin ia raih ke depannya. Untuk mencapai tujuan diperlukan passion (hasrat) dan komunitas yang mendukung. “Misalnya mau jadi MC profesional, ya bergabunglah dengan orang-orang yang sudah berpengalaman di bidang MC, tapi bukan berarti kalau menjalin pertemanan pilih-pilih,” jelasnya.
Eliz juga menerangkan lingkar pertemanan itu bisa dibagi, mana yang untuk profesional dan mana yang untuk pergaulan sosial.
Di era digital seperti sekarang, personal branding sangat dibutuhkan. Putri Solo II tahun 2010 itu mengingatkan agar mulai menyaring materi-materi yang akan diunggah di sosial media. “Sekarang ini sedang tren caption yang bercerita, saya selalu menghabiskan 45 menit setiap akan mengunggah foto di Instagram. Saya selalu memastikan bahwa setiap kata-kata yang saya tulis menggambarkan personal branding saya. Jadi saya ingatkan, kalian harus berpikir panjang jika akan membuat posting-an di sosial media karena itu berkaitan dengan personal branding kalian,” tutur Eliz.
Sama seperti Eliz, Natalia juga menerangkan bahwa The Sunan Hotel Solo juga memikirkan materi-materi yang akan diunggah. Bahkan, hotel berbintang empat ini punya tim untuk menangani sosial media.