Saturday, June 28, 2025
spot_img
HomeBisnis3 Cara Creative Branding

3 Cara Creative Branding

Published on

- Advertisment -spot_img
spot_img

3 cara branding produk himakom fisip uns

Sebuah brand akan terlihat bernilai ketika mempunyai daya pikat tinggi. Bagi suatu produk, membuat orang jatuh cinta kepadanya ibarat tidak semudah membalik telapak tangan. Perlu strategi-strategi khusus agar brand banyak dikenal dan dikonsumsi khalayak luas.

Berkenaan dengan itu, Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (HIMAKOM FISIP UNS) Surakarta mengadakan Seminar Kreatif Nasional dengan tajuk “Brandstorm”, Rabu (26/3/2015) di Ruang Seminar FISIP UNS.

Kegiatan yang merupakan rangkaian acara Creation Festival #3 itu menghadirkan dua pembicara dari agensi-agensi komunikasi terkemuka di Indonesia, yakni Sarah Diana Oktavia (Senior Copywriter Saatchi & Saatchi Idonesia) dan Indira Abidin (Associate Director Fortune PR)

Sarah menuturkan bahwa dalam proses creative branding,  Ada 3 Cara branding produk agar produk kita disukai masyarakat.

Pertama, connect emotionally. Kedekatan emosional antara konsumen dan produk dapat menimbulkan loyalty beyond reason. “Kita bisa belain satu brand, walaupun kita tidak dibayar,” jelasnya. Ia menambahkan, walaupun barang tersebut mahal, tapi jika sudah ada kecintaan, konsumen tidak akan ragu untuk membelinya.

Kedua, be true. Brand harus jujur terhadap apa yang dijual. Ketiga, be unique. Produsen harus pintar dalam memunculkan keunikan brand-nya. Pengemasan iklan maupun tampilan produk yang unik, dapat menonjolkannya di antara produk-produk sejenis yang ada di pasaran.

Di kesempatan itu dibahas pula city branding. Dalam pemaparannya, Indira mencontohkan kehebatan Dinas Pariwisata Queensland, Australia, yang membuat program “The Best Job in the World: Island Caretaker” guna mempromosikan Great Barrier Reef.

Dari studi kasus itu, Indira menarik kesimpulan bahwa ada langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mempromosikan kota. Di antaranya adalah kerjasama antarpihak lokal, pengiklanan, hubungan dengan media, kerjasama dengan agensi dari berbagai negara dan organisasi-organisasi terkai, promosi secara daring, serta advokasi.

Artikel Populer

Artikel Terbaru

Jelajahi Karya Seni Kontemporer dan Teknologi Digital di Art Sura 2025

Soloevent.id - Pameran seni rupa Indonesia Art Sura 2025 digelar selama 8 hari pada...

Simak Rute Kirab Kebo Bule 1 Suro 1959 Keraton Kasunan Surakarta

Soloevent.id - Keraton Kasunanan Surakarta akan menggelar kirab untuk menyambut Tahun Baru Islam 1...

Pertunjukan Imersif Shishani & Sisterhood Tersaji Apik di Ndalem Djojokoesoeman

Soloevent.id - Erasmus Huis Jakarta bekerjasama dengan Solo International Performing Arts (SIPA) Festival menyelenggarakan...

More like this

Pecas Ndahe Bikin Ger-geran Panggung Peken Jasindo di Keraton Kasunanan Surakarta

Soloevent.id - Grup humor asal Solo Pecas Ndahe tampil menghibur pada acara Peken Jasindo,...

Soloraya Great Sale 2025, Event Wisata Paling Menarik untuk yang Suka Belanja

Soloevent.id - Tidak lama lagi, event besar bertajuk Soloraya Great Sale (SGS) akan di...

Menjelma Jadi Soloraya Great Sale, SGS 2025 Mencakup Wilayah Yang Lebih Luas

Soloevent.id - Untuk pertamakalinya, pada tahun ini penyelenggaraan Solo Great Sale (SGS) akan mencakup...