Soloevent.id – Event SMEE-ITT (Small Medium Enterprises and Export – Investment Trade Tourism) Java Expo 2025 digelar di Kota Solo, Kamis-Minggu (22-25/5/2025). Ini menjadi sebuah pameran untuk memperkenalkan produk unggulan UMKM, memperluas jaringan pasar, serta mendorong peluang investasi dan ekspor bagi pelaku usaha.
Acara ini diikuti oleh 27 stan yang terdiri dari 5 instansi, 15 UKM dan 7 Stan Kuliner. Diantaranya, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sukoharjo, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumedang, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Surakarta, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Pegadaian dan Didi Kempot Studio.

Salah satu produk yang dipamerkan dari UMKM Jawa Timur (Mojokerto dan Surabaya). Berupa produk Keripik Tempe dan Kerupuk Cassava. Kerupuk Cassava merupakan camilan berbahan dasar singkong, berwarna kuning keemasan, berbentuk kembang dan mempunyai rasa gurih. Produk ini ada berbagai varian rasa, mulai rasa pedas manis, rasa bawang, hingga rasa ebi.
Arik Agustiani sang owner mengatakan, “Saya sudah lama membuat produk ini sejak tahun 2005. Produk olahan singkong ini menjadi oleh-oleh khas dari wilayah Mojokerto. Sebenarnya yang membedakan produk saya dengan yang lainnya adalah proses pembuatannya, mulai dari bahan baku hingga pengolahan selalu saya utamakan kualitasnya. Saya pilih sendiri dan saya pantau pengolahan di rumah produksi. Selain itu, kami juga dibantu dalam mengurus NIB, PKP, PIRT, Label Halal, Uji nutrisi, B2B hingga pemasaran oleh Dinas Perindustrian Provinsi Jawa Timur,” ujarnya kepada Soloevent di Pameran SMEE-ITT Java Expo 2025 Atrium Solo Square Mall, Minggu (25/5/2025).

Selain kuliner masih ada produk lainnya seperti Alat Permainan Edukatif. Produk UKM ini dari Jombang. Sebuah alat permainan anak-anak yang bisa menstimulasi daya kembang anak. Hal yang membedakan produk ini dengan produk peralatan mainan lainnya yaitu bahan pewarnaan. Alat permainan terbuat dari kayu khusus dan halus sehingga aman untuk anak-anak.
Selain pameran masih ada rangkaian kegiatan lainnya seperti talkshow yang membahas tentang tren bisnis terkini, table top pertemuan one by one dalam rangka meningkatkan transaksi ekonomi dan realisasi investasi, culture perform gelar budaya etnik yang menampilkan ragam kesenian daerah dan lomba anak.