Tuesday, October 15, 2024
spot_img
HomeBisnisBukan Sekedar Pengenyang Perut, Inilah Manfaat Konsumsi Roti

Bukan Sekedar Pengenyang Perut, Inilah Manfaat Konsumsi Roti

Published on

spot_img
spot_img

Soloevent.id – Selain nasi, ada makanan lain yang kerap jadi konsumsi masyarakat dunia termasuk Indonesia, yakni roti. Santapan ini bisa menjadi salah satu sumber untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan tidak jarang ada yang mengombinasikannya dengan bahan lain seperti coklat, keju, telur, buah, sayur, kacang, dan masih banyak lagi.

Berdasarkan informasi dari Healthshots, roti yang biasanya terbuat dari gandum utuh tak hanya kaya kandungan nutrisi saja, melainkan juga serat. Sehingga sangat bagus untuk kesehatan dan berikut ini beberapa manfaat penting yang dapat diperoleh apabila rajin mengonsumsi makanan tersebut.

1. Melancarkan Proses Pencernaan

Kandungan serat yang terdapat dalam biji gandum sebagai bahan utama pembuatan roti punya pengaruh besar terhadap kelancaran proses pencernaan. Selain itu dapat membantu mencegah risiko sembelit yang sering membuat seseorang jadi kesulitan saat buang air besar (BAB).

2. Menstabilkan Berat Badan

Manfaat lain dari serat adalah menimbulkan rasa kenyang dalam jangka waktu lebih lama. Hal ini sangat cocok bagi mereka yang ingin menstabilkan berat badan agar tak mudah mengalami kegemukan atau obesitas. Semua pasti tahu, berat badan yang berlebihan dapat mengakibatkan sejumlah penyakit berat terutama yant berhubungan dengan organ jantung.

3. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Serat juga memiliki manfaat tinggi untuk mengatur dan menstabilkan kadar gula darah. Ini bisa terjadi karena serat tersebut mampu memperlambat proses penyerapan glukosa oleh tubuh. Jadi bagi siapa saja yang sedang menderita diabetes, sangat cocok menjadikan roti sebagai santapan saat merasa lapar.

4. Menambah Asupan Energi

Kandungan lain yang juga terdapat dalam gandum atau roti adalah karbohidrat yang selama ini selalu menjadi sumber utama untuk mendapatkan asupan energi. Dengan tercukupinya asupan tersebut, tubuh menjadi makin kuat dan lancar menjalankan berbagai aktivitas harian termasuk yang berhubungan dengan fungsi otak.  

5. Memperbaiki Jaringan

Protein yang ikut terkandung dalam roti berfungsi sebagai sarana untuk membangun jaringan dan memperbaiki jika ada yang rusak, termasuk otot. Selain itu juga berperan untuk menjaga kekebalan tubuh, melancarkan produksi sintetis hormon dan enzim.

6. Membentuk Hemoglobin

Hemoglobin adalah bagian dari zat besi yang terdapat dalam sel darah merah dan punya tugas untuk mengangkut oksigen dan menyalurkannya ke seluruh tubuh. Kebutuhan hemoglobin bisa termenuhi melalui konsumsi roti. Apalagi jika dipadukan dengan bahan makanan lain misalnya telur dan kacang-kacangan.

Selain itu dapat menambahi lagi dengan sayuran untuk meningkatkan produksi vitamin beserta mineral yang juga sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kemudian apabila menggunakan susu sebagai campuran, bisa membantu menguatkan tulang dan gigi apalagi jika yang menjadi pilihan adalah susu dengan kandungan kalsium tinggi.

Bagaimana?, tidak ada ruginya sama sekali bukan menikmati roti baik untuk sarapan pagi atau saat senggang dan merasa lapar. Kemudian apabila ingin mendapatkan roti terbaik, segera saja berkunjung ke Sophie Souffle Bakery di Jl. Honggowongso 2B, Solo.

Artikel Populer

Artikel Terbaru

Mengenal Asal Usul Kampung Sondakan Lewat Festival SondakArt

Soloevent.id - Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan Solo, menggelar Festival SondakArt selama empat hari mulai...

Upacara Pembukaan Peparnas 2024 Berlangsung Meriah di Stadion Manahan Solo

Soloevent.id - Upacara Pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024 berlangsung meriah di Stadion Manahan Solo, Minggu...

Rasamadu Heritage Hadirkan ‘Cubic’ Pengalaman Imersif Interaktif Pertama di Solo

Soloevent.id - Rasamadu Heritage atau yang sebelumnya bernama The Heritage Palace, dulunya adalah pabrik...

More like this

Rasamadu Heritage Hadirkan ‘Cubic’ Pengalaman Imersif Interaktif Pertama di Solo

Soloevent.id - Rasamadu Heritage atau yang sebelumnya bernama The Heritage Palace, dulunya adalah pabrik...

Agar Tetap Sehat dan Aman Dikonsumsi, Inilah Durasi Paling Tepat Menyimpan Roti

Soloevent.id - Roti merupakan salah satu jenis makanan yang menggunakan bahan utama dari tepung...

Cara Gampang Mengatasi Celana Jeans Melar Agar Kembali ke Ukuran Semula

Soloevent.id - Salah satu masalah yang paling umum terjadi terkait dengan koleksi celana jeans...