Saturday, September 7, 2024
spot_img
HomeWhat's On SoloHari Jadi Kabupaten Sragen Ke-278 Tahun, Akan Ada Pesta Rakyat Sebulan Penuh

Hari Jadi Kabupaten Sragen Ke-278 Tahun, Akan Ada Pesta Rakyat Sebulan Penuh

Published on

spot_img

Soloevent.id – Tidak lama lagi, tepatnya pada bulan Mei 2024 mendatang Kabupaten Sragen akan merayakan hari jadinya yang ke-278 tahun. Berbagai macam perlombaan dan hiburan siap digelar dalam pesta rakyat yang dilangsungkan selama sebulan penuh oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen.

Acara yang berpusat di Alun-Alun Sasana Langen Putra ini diawali dengan kontes dan pameran Bonsai di Gedung Olahraga (GOR) Diponegoro. Pergelaran ini telah berlangsung sejak Jumat, 26 April 2024 kemarin dan dibuka oleh Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati. Dia mengaku pameran tersebut bersifat lokalan saja karena tujuan paling utamanya adalah untuk memberdayakan petani bonsai setempat.

Dalam kesempatan tersebut Yuni menyebutkan pula, setelah acara pameran bonsai akan segera dilanjutkan dengan sejumlah event menarik lain. Mulai dari lomba kicau burung, menembak, mancing, ikan, dan masih banyak lagi. Selain itu ada lomba drama musikal dengan peserta dari aparatur sipil negara (ASN). Mereka harus tampil dengan kostum dan alur cerita buatan sendiri.

Ajang Car Free Day (CFD) yang diadakan saban hari Minggu juga tidak luput dijadikan tempat perhelatan. Pada awal Mei 2024, akan dilangsungkan Festival Sambel Tumpang. Pesertanya adalah para pedagang makanan, khususnya yang berjualan sambel tumpang. Di tengah acara inilah lomba drama musikal antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sragen ikut digelar.

Beberapa perlombaan lain yang tidak kalah menarik seperti menyanyi, permainan tradisional, dan fotografi wisata, hingga videografi sejarah Kabupaten Sragen ikut digelar sepanjang bulan Mei 2024. Termasuk kunjungan silaturahmi ke sejumlah mantan Bupati Sragen dan ziarah ke makam tokoh-tokoh penting yang sudah wafat.

Hiburan Musik

Sementara itu pada Senin, 27 Mei 2024 pukul 07:30 WIB akan dilaksanakan Upacara Hari Jadi Kabupaten Sragen dan disusul dengan karnaval atau pawai pembangunan. Lalu pada malam hari, ada pertunjukan hiburan musik dengan Hidangan Istimewa Kampung (HIK) yang semua diberikan secara gratis untuk masyarakat.

Penyanyi dari Jakarta, Judika siap hadir jadi bintang utama untuk memeriahkan acara tersebut dan pihak panitia menyediakan 3.000 kursi bagi penonton. Panggung dan tata cahayanya dibuat dengan tampilan istimewa bahkan masih ditambahi lagi oleh videotron ukuran besar. Jadi jika ada penonton yang tidak kebagian kursi, tetap dapat menyaksikan dan menikmati hiburan ini dengan nyaman.

Keseluruhan rangkaian acara tersebut disambung lagi dengan gelaran khusus bertajuk Sragen Berselawat dengan menghadirkan Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf dari Solo. Setelah itu pada 7 Juni 2024, ditutup dengan pemberian penghargaan bagi warga yang memiliki jasa pada pengembangan dan kemajuan Kabupaten Sragen, dengan tajuk Sragen Award 2024 dan digelar di Gedung Sasana Manggala Sukawati (SMS) Sragen.

Melalui Solopos Yuni menceritakan bahwa perayaan Hari Jadi Sragen ke-278 tahun ini adalah yang terakhir bagi dirinya selama jadi Bupati Sragen. Sehingga dia ingin didoakan agar dapat mengakhiri tugasnya dengan baik.

Artikel Populer

Artikel Terbaru

Solo Grand Mall Gelar Lomba Panjat Pinang sebagai Langkah Awal Renovasi Menuju Tampilan Modern di 2025

Soloevent.id - Surakarta, 31 Agustus 2024 - Solo Grand Mall sukses menyelenggarakan Lomba Panjat...

Rakerda IHGMA Jawa Tengah 2024 Bahas Optimalisasi Potensi Lokal

Soloevent.id - Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) wilayah Jawa Tengah telah sukses menggelar...

Menyambut Seni Pertunjukan Multikultural – SIPA 2024 Day 2

Soloevent.id - SURAKARTA – Solo International Performing Arts (SIPA) 2024 kembali memukau penonton...

More like this

Menyambut Seni Pertunjukan Multikultural – SIPA 2024 Day 2

Soloevent.id - SURAKARTA – Solo International Performing Arts (SIPA) 2024 kembali memukau penonton...

Performing Royal Genesis – SIPA 2024 Day 1

Soloevent.id - SURAKARTA – Agenda tahunan Kota Surakarta, Solo International Performing Arts (SIPA)...

Pertama kali, Festival Waduk Cengklik Akan Dipenuhi Beragam Acara

Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali, dan TNI AU Lanud...