Tuesday, October 15, 2024
spot_img
HomeBisnisCara Gampang Mengatasi Celana Jeans Melar Agar Kembali ke Ukuran Semula

Cara Gampang Mengatasi Celana Jeans Melar Agar Kembali ke Ukuran Semula

Published on

spot_img
spot_img

Soloevent.id – Salah satu masalah yang paling umum terjadi terkait dengan koleksi celana jeans terutama dari model stretch adalah mudah melar atau mengalami perubahan ukuran. Apalagi jika sudah lama dan sering dipakai, resiko ini makin bertambah besar. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara gampang  yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan menanggulangi masalah tersebut.

1. Menggunakan Air Panas

Saat mau mencuci celana jeans yang telah terlanjur melar, rendam lebih dulu dengan air panas agar bisa kembali pada ukuran semula. Air panas punya kemampuan mengembalikan serat kain yang tertarik akibat kerap digunakan. Jika menggunakan mesin cuci, pakai setelan paling panas agar hasilnya dapat maksimal. Selain itu jangan memakai pewangi karena mengandung bahan kimia yang membuat seratnya makin mudah melar.

2. Membalik Celana

Masih berhubungan dengan kegiatan mencuci, jangan lupa membalik lebih dahulu agar bagian dalam berada di luar dan sebalikmya. Hal ini bertujuan agar tidak ada gesekan dengan pakaian lain terutama jika menggunakan mesin cuci. Sehingga akan menjadi lebih baik pula jika tidak mencampur aduk dengan pakaian dari kain yang lebih lembut agar sama-sama awet.

Kemudian usai mencuci, keringkan celana jeans dengan dengan mesin pengering karena dapat membantu menyusutkan seratnya. Apalagi jika pakai suhu maksimal, hasilnya bisa lebih bagus meski butuh beberapa kali proses pencucian dan pengeringan.

3. Melar Bagian Pinggang

Khusus celana jeans yang melarnya berada pada bagian pinggang, kasih tambahan karet dengan jahitan. Sedikit banyak tindakan ini dapat membantu celana tersebut tidak melar kembali atau minimal bisa membantu mengurangi perubahan ukuran.

4. Menggunakan Semprotan Air

Cara berikutnya yang bisa dicoba untuk mengembalikan ukuran jeans yang sudah melar adalah dengan semprotan air. Lalu kasih lapisan handuk tebal agar airnya meresap dan pindah ke serat handuk dan setelah itu keringkan dengan setrika.

5. Menggunakan Campuran Cuka dan Garam

Campur cuka beserta garam dengan komposisi yang sama dan gunakan untuk mencelup celana jeans yang sudah melar selama sekitar 30 menit. Sesudah itu peras secara perlahan dan jangan terlalu keras agar tidak merubah dan merusak hasil dari proses penyusutan serat kain.

6. Menggunakan Hair Dryer

Selain mengeringkan rambut, hair dryer bisa pula dipakai untuk mengembalikan ukuran celana jeans yang melar. Suhu panas yang keluar dari alat ini akan membuat serat kain jadi sempit dan kembali pada kondisi semula. Hasilnya memang tidak langsung terasa, sehingga perlu tindakan yang sama selama beberapa kali.

Bagaimana?, tidak sulit bukan mengatasi celana jeans melar dan mengembalikan pada bentuk atau ukuran semula. Namun jika dirasa sudah tidak bisa diperbaiki dan ingin membeli jeans baru, tenang, Rominsy Jeans bisa menjadi pilihan tepat. Hanya dengan Rp.200.000,- bisa bawa pulang 3 jeans panjang & chinos panjang. Murah banget kan!

Artikel Populer

Artikel Terbaru

Mengenal Asal Usul Kampung Sondakan Lewat Festival SondakArt

Soloevent.id - Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan Solo, menggelar Festival SondakArt selama empat hari mulai...

Upacara Pembukaan Peparnas 2024 Berlangsung Meriah di Stadion Manahan Solo

Soloevent.id - Upacara Pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024 berlangsung meriah di Stadion Manahan Solo, Minggu...

Rasamadu Heritage Hadirkan ‘Cubic’ Pengalaman Imersif Interaktif Pertama di Solo

Soloevent.id - Rasamadu Heritage atau yang sebelumnya bernama The Heritage Palace, dulunya adalah pabrik...

More like this

Rasamadu Heritage Hadirkan ‘Cubic’ Pengalaman Imersif Interaktif Pertama di Solo

Soloevent.id - Rasamadu Heritage atau yang sebelumnya bernama The Heritage Palace, dulunya adalah pabrik...

Agar Tetap Sehat dan Aman Dikonsumsi, Inilah Durasi Paling Tepat Menyimpan Roti

Soloevent.id - Roti merupakan salah satu jenis makanan yang menggunakan bahan utama dari tepung...

Bukan Sekedar Pengenyang Perut, Inilah Manfaat Konsumsi Roti

Soloevent.id - Selain nasi, ada makanan lain yang kerap jadi konsumsi masyarakat dunia termasuk...