Wednesday, October 16, 2024
spot_img
HomeLainnyaGrand Final Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Kota Surakarta 2024

Grand Final Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Kota Surakarta 2024

Published on

spot_img
spot_img

Soloevent.id Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) 2024 digelar di Pendhapi Gedhe Balai Kota Solo, Sabtu malam (20/7/2024). Malam itu terpilih 10 finalis Putra-Putri Duta Genre 2024. Para finalis tersebut masih diseleksi kembali hingga terpilih 2 finalis utama Duta Genre 2024.

Sebelumnya, proses pemilihan telah dilakukan melalui masa panjang mulai  tes hingga pembekalan pendidikan. Mereka dibekali dan dilatih untuk menjadi Agent Of Change dalam mengkampanyekan masalah remaja. Ada tiga masalah utama  remaja saat ini yaitu mencegah seks bebas, mencegah pernikahan usia dini dan juga mencegah napza termasuk HIV AIDS.

Acara Grand Final Duta Genre 2024 dimulai dengan pengenalan 10 finalis duta genre. Masing-masing finalis menyampaikan visi misi dan program kerja sebagai duta genre 2024 dihadapan para dewan juri. Ajang Pemilihan Duta Genre 2024 akhirnya dimenangkan oleh Naura Ade Putri dari Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Muhammad Wafiq Iskandar dari ITS PKU Muhammadiyah Surakarta.

Pemilihan Duta Genre Surakarta adalah sebuah ajang kompetisi, apresiasi dan berjejaring guna menghimpun figur motivator dari kalangan remaja di Surakarta untuk meningkatkan promosi dan pemahaman Program Genre guna menjadi remaja yang tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi bangsa dan negara.

Acara ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Kota Surakarta dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Surakarta. Dengan adanya program acara seperti ini diharapkan mampu memberikan edukasi terkait Pendewasaan Usia Pernikahan (PUP) dan Persiapan menjadi Orang Tua Hebat di kalangan remaja. Peran Duta Genre juga sangat dibutuhkan untuk akselerasi program percepatan penurunan stunting.

Wali Kota Surakarta, Teguh Prakosa mengatakan, “Mereka menjadi duta anak-anak yang seusianya untuk memberikan pencerahan, diskusi-diskusi dan ilmunya. Kalau masing-masing punya latar belakang pendidikan yang berbeda, kemudian keahlian yang mungkin punya ilmu teknologi yang bisa ditularkan. Itu menjadi bagian yang nanti disebarkan ke generasi seangkatannya mereka. Tugasnya Pemerintah memfasilitasi itu, membiayai. Harapannya mereka menjadi Duta yang harus bertanggung jawab generasi berikutnya,” ujarnya dalam sambutan di Pendhapi Gedhe Balikota Solo, Sabtu malam (20/7/2024).

Artikel Populer

Artikel Terbaru

Mengenal Asal Usul Kampung Sondakan Lewat Festival SondakArt

Soloevent.id - Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan Solo, menggelar Festival SondakArt selama empat hari mulai...

Upacara Pembukaan Peparnas 2024 Berlangsung Meriah di Stadion Manahan Solo

Soloevent.id - Upacara Pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024 berlangsung meriah di Stadion Manahan Solo, Minggu...

Rasamadu Heritage Hadirkan ‘Cubic’ Pengalaman Imersif Interaktif Pertama di Solo

Soloevent.id - Rasamadu Heritage atau yang sebelumnya bernama The Heritage Palace, dulunya adalah pabrik...

More like this

Agar Tetap Sehat dan Aman Dikonsumsi, Inilah Durasi Paling Tepat Menyimpan Roti

Soloevent.id - Roti merupakan salah satu jenis makanan yang menggunakan bahan utama dari tepung...

Cara Gampang Mengatasi Celana Jeans Melar Agar Kembali ke Ukuran Semula

Soloevent.id - Salah satu masalah yang paling umum terjadi terkait dengan koleksi celana jeans...

Bukan Sekedar Pengenyang Perut, Inilah Manfaat Konsumsi Roti

Soloevent.id - Selain nasi, ada makanan lain yang kerap jadi konsumsi masyarakat dunia termasuk...