Tuesday, October 15, 2024
spot_img
HomeSeni dan BudayaGrand Juri Solo Batik Carnival ke-15 Angkat Tema Besar Tradisi Adat Kota...

Grand Juri Solo Batik Carnival ke-15 Angkat Tema Besar Tradisi Adat Kota Solo

Published on

spot_img
spot_img

Soloevent.id – Solo Batik Carnival ke-15 digelar di Atrium Solo Square Mall pada Minggu (30/6/2024). Acara ini menampilkan serangkaian kegiatan dari siang hingga malam hari, mulai dari pembukaan, pertunjukan inatruktur, talkshow, pertunjukan prototype, pertunjukan peserta Solo Batik Carnival ke-15, hingga penutupan dengan flashmob.

Tema besar Solo Batik Carnival ke-15 tahun 2024 adalah “Amerta, The Legacy of Mataram Kingdom”. Tema ini mengandung makna abadi atau keabadian, yang terkait dengan keberagaman tradisi upacara adat dan warisan masa lampau dari Kerajaan Mataram yang masih lestari hingga saat ini.

Defile SBC ke-15 mengusung lima tema utama, antara lain Sekaten, Asyura, Mahesa Lawung, Pracimatuin, dan Rojomolo. Ini merupakan ikon utama dalam pagelaran budaya Solo Batik Carnival ke-15.

Salah satu peserta Grand Juri SBC ke-15, Aurelia Kusuma Hernanda, tampil mengenakan kostum defile Taman Pracimatuin yang ia buat sendiri selama beberapa bulan. “Meskipun kostumnya sedikit berat, tapi saya senang karena sesuai dengan tema yang diusung,” ujarnya kepada soloevent pada Minggu malam (30/6/2024).

Di sisi lain, Keira Alesia Putri Nugroho dari SDN Pangudiluhur, mengikuti sebagai peserta anak-anak SBC ke-15 dengan menampilkan defile Sekaten. Keira terlihat sangat antusias tampil di hadapan dewan juri dengan kostum defile Sekaten.

Grand Juri Solo Batik Carnival merupakan bagian dari rangkaian acara untuk menilai kemajuan peserta mulai dari Workshop hingga penentuan akhir untuk kostum Solo Batik Carnival. Acara ini juga menjadi penilaian akhir bagi peserta yang akan berpartisipasi dalam Grand Carnival di sepanjang Jalan Slamet Riyadi Solo pada Sabtu, 13 Juli 2024 mendatang.

Pada acara Grand Juri Solo Batik Carnival, terdapat beberapa kategori penilaian, antara lain Best Costume, Best Talent, Best Makeup, dan Best Performance.

Artikel Populer

Artikel Terbaru

Mengenal Asal Usul Kampung Sondakan Lewat Festival SondakArt

Soloevent.id - Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan Solo, menggelar Festival SondakArt selama empat hari mulai...

Upacara Pembukaan Peparnas 2024 Berlangsung Meriah di Stadion Manahan Solo

Soloevent.id - Upacara Pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024 berlangsung meriah di Stadion Manahan Solo, Minggu...

Rasamadu Heritage Hadirkan ‘Cubic’ Pengalaman Imersif Interaktif Pertama di Solo

Soloevent.id - Rasamadu Heritage atau yang sebelumnya bernama The Heritage Palace, dulunya adalah pabrik...

More like this

Mengenal Asal Usul Kampung Sondakan Lewat Festival SondakArt

Soloevent.id - Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan Solo, menggelar Festival SondakArt selama empat hari mulai...

Srawung Budaya Jebres, Wujud Upaya Peningkatan UMKM dan Pelestarian Budaya

Soloevent.id - Upaya peningkatan Usaha Mikro Kecil Menangah (UMKM) dan pelestarian budaya ternyata bisa...

Wiyosan Setu Pon Mangkunegaran, Aset Budaya Yang Masih Terjaga Kelestariannya

Soloevent.id - Selama dua malam berturut-turut dari Sabtu - Minggu (28 - 2 /...