Friday, October 18, 2024
spot_img
HomeWhat's On SoloFestival Literasi Nasional 2024, Dukung Tumbuhnya Guru dan Siswa Berprestasi

Festival Literasi Nasional 2024, Dukung Tumbuhnya Guru dan Siswa Berprestasi

Published on

spot_img
spot_img

Soloevent.id – Festival Literasi Nasional 2024 kembali digelar di Convention Hall Tirtonadi Solo, Sabtu (27/4/2024). Ini menjadi gelaran ke-8 yang digelar oleh Nyalanesia. Seperti yang diketahui Nyalanesia adalah sebuah startup pengembang literasi inovatif di Indonesia. Sebuah starup yang bergerak di bidang pendidikan.

Acara digelar setiap tahunnya di Kota Solo, sekaligus sebagai perwujudan komitmen bersama antara Nyalanesia dan Pemerintah Kota Solo untuk menjadikan Solo sebagai Kota Literasi Dunia yang dideklarasikan sejak 2022.

Festival ini juga menjadi sebuah acara puncak pertemuan, pembelajaran, perayaan dan penganugerahan bagi guru dan siswa yang telah mengikuti program dari Nyalanesia. Dengan mengusung tema “Indonesia Berkarya”, acara ini berhasil mempertemukan para pegiat literasi dalam pesta literasi di Indonesia.

Ketua Pelaksana FLN 2024, Imam Subchan mengatakan, “Festival Literasi Nasional kali ini kami gelar sebagai perayaan bagi guru dan siswa berprestasi di Indonesia. Penyelenggaraan ini melibatkan 83.000 karya siswa dan guru dari seluruh Indonesia. Ini sebagai wujud membantu ribuan sekolah dalam menyediakan ruang untuk berkarya bagi para siswa dan guru tentunya. Kedepannya kami berharap agar lebih banyak lagi guru dan siswa yang ikut serta,” ujarnya kepada soloevent, Sabtu (27/4/2024).

Sebelum acara puncak, ada beberapa rangkaian acara telah digelar dimulai dari Gala Dinner di House of Danar Hadi, NyalaTour untuk merasakan pengalaman membatik serta mengenal nilai-nilai edukasi di dalamnya dan puncak acara dengan panggung penghargaan kepada guru dan siswa di Tirtonadi Convention Hall Solo.

Sementara lomba karya telah dimulai sejak November 2023 yang meliputi Kompetisi Website Literasi, Sayembara Menulis Quote, Sayembara Menulis Surat untuk Presiden, Sayembara Foto, Kompetisi Konten “Master Teacher,” Kompetisi Video Tari Kreasi dan Kompetisi Aransemen Lagu Nyalanesia.

Lomba tersebut tak lepas dari tujuan Nyalanesia untuk meniti jejak pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang pendidikan yang memerdekakan. NyalaCipta, NyalaRasa dan NyalaKarya, merupakan 3 kategori lomba yang diselenggarakan Nyalanesia yang bersandar dari filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara.

Artikel Populer

Artikel Terbaru

Artefac UNS 2024, Berhasil Jadi Tontonan Musik Yang Apik

Soloevent.id - Untuk kesekian kalinya Artefac UNS kembali dihadirkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis...

Mengenal Asal Usul Kampung Sondakan Lewat Festival SondakArt

Soloevent.id - Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan Solo, menggelar Festival SondakArt selama empat hari mulai...

Upacara Pembukaan Peparnas 2024 Berlangsung Meriah di Stadion Manahan Solo

Soloevent.id - Upacara Pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024 berlangsung meriah di Stadion Manahan Solo, Minggu...

More like this

Upacara Pembukaan Peparnas 2024 Berlangsung Meriah di Stadion Manahan Solo

Soloevent.id - Upacara Pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024 berlangsung meriah di Stadion Manahan Solo, Minggu...

Perayaan Hari Kesadaran Internasional Susut dan Sisa Pangan 2024 di Mangkunegaran

Soloevent.id - Pada Minggu, 29 September 2024 kemarin dengan mengambil tempat di Lapangan Pamedanan...

Solo Batik Fashion 2024 Sukses Digelar di Pasar Jongke, Tampilkan 13 Desainer Lokal

Soloevent.id - Solo Batik Fashion (SBF) 2024 digelar dengan tema “Batik is My Soul”...