23 C
New York
Sunday, July 21, 2024

Buy now

spot_img

Menparekraf Sandiaga Uno Dorong Kota Solo Jadi Tuan Rumah ECCE 2026

Soloevent.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menprarekraf), Sandiaga Uno mengasih dorongan bagi kota Solo untuk jadi tuan rumah penyelenggaraan World Conference on Creative Economi (WCCE) 2026. Dia mengungkapkan hal ini ketika mengadakan pertemuan dengan para pelaku UMKM Solo dalam acara Kelana Nusantara pada Senin, 29 April 2024 kemarin di Balaikota Surakarta.

Kelana Nusantara adalah suatu wadah atau forum yang dibentuk untuk menampung asprirasi dari para pelaku UMKM yang kemudian dijadikan sebagai bahan masukan untuk merumuskan kebijakan. Selain itu juga untuk mendukung dan memperkuat jaringan atau kolaborasi dari para pegiat ekonomi kreatif.

Di kesempatan tersebut Sandiaga mengaku pihaknya sedang berupaya agar Solo dapat terpilih sebagai tuan rumah WCCE 2026. Alasannya antara lain karena Solo sudah masuk dalam daftar Creative City Network (CCN) atau jaringan kota kreatif UNESCO. Selain itu dia memandang kota ini mengalami kemajuan luar biasa di bidang ekonomi kreatif.

Untuk itu Sandiaga juga berpesan kepada Walikota Surakarta, Gibran Rakabumingraka untuk terus berjuang meningkatkan branding Kota Solo. Misalnya dengan penguatan aura di sejumlah spot penting seperti bandara udara, stasiun kereta, terminal bus, hingga objek wisata.

Bandara Adisumarmo

Khusus untuk bandara udara, melalui detikjateng.com Sandiaga juga menyebutkan Bandara Adi Soemarmo dapat naik peringkat lagi sebagai bandara internasional apabila Solo memiliki event internasional. Oleh sebab itu dirinya akan lebih giat melakukan koordinasi dan memberi masukan.

Adapun salah satu langkah yang saat ini sedang ditempuh adalah mengusahakan Solo jadi tuan rumah WCCE 2026. Sehingga nantinya penerbangan internasional di Bandara Adisoemarmo dibuka lagi. Beberapa waktu lalu memang ada keputusan dari Kementerian Perhubungan untuk mencabut status Bandara Adi Soemarmo sebagai bandara intenasional.

Sedangkan koordinasi yang dimaksud mengadakan komunikasi dengan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Sandiaga mengaku, penerbangan internasional di Solo tetap mempunyai kesempatan dibuka lagi apabila ada event internasional yang digelar di kota ini. Ditambahkan, bila permintaan penerbangan internasional di Bandara Adi Soemarmo besar dan berlangsung secara rutin, pencatutan status tersebut dapat ditinjau ulang.

Hanya saja di luar itu semua, meski ada pencabutan status Bandara Adi Soemarmo, Solo tetap dapat diakses secara langsung dari mancanengara. Terutama ketika kota ini sedang menggelar event skala internasional.

Di sisi lainnya Walikota Surakarta, Gibran Rakabumingraka menyambut positif atas dorongan oleh Menparekraf untuk berupaya menjadikan Solo sebagai tuan rumah WCCE 2024.  Dia tetap optimis Solo bisa terpilih menjadi tempat penyelenggaraan event tersebut karena telah terdaftar di CCN UNESCO.

Selain itu Gibran menegaskan pihaknya selalu konsisten dalam memperjuangkan Solo sebagai tuan rumah acara-acara internasional, sebagaimana ketika jadi tuan rumah Piala Dunia (PD) U-17. Kemudian terkait dengan Bandara Adi Soemarmo, dia juga tak kalah optimis jika nantinya bandara tersebut bisa naik grade lagi.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
21,900SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles