23 C
New York
Sunday, July 21, 2024

Buy now

spot_img

Pantai Watukarung Pacitan, Selain Indah Juga Asyik Untuk Berselancar

Soloevent.id – Bagi pecinta olahraga surfing atau selancar, dapat menemukan pantai dengan ombak besar dan stabil merupakan hal yang sangat menyenangkan. Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali pantai yang dapat memenuhi syarat tersebut dan salah satunya adalah Pantai Watukarung di Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

Meski tidak setenar pantai-pantai yang ada di Bali, objek wisata alam ini sudah mulai dilirik oleh para peselancar lokal bahkan luar negeri. Apalagi pantai tersebut memiliki ombak yang ketinggiannya dapat mencapai hingga 4 meter. Bahkan oleh pemerintah setempat telah dikembangkan untuk peselancar profesional.

Objek wisata alam yang terletak di Desa Watukarung, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan ini bisa diakses dengan kendaraan pribadi baik roda dua maupun empat. Dari pusat Pacitan, jarak tempuhnya sekitar 40 kilometer dan banyak melalui tikungan dan jalan yang naik turun, lempengan batu cadas, dan jurang.

Sehingga setiap pengendara harus selalu waspada dan untuk mencapai lokasi tersebut ada dua jalur pilihan. Pertama bisa menggunakan jalur Pacitan – Solo dan yang kedua melewati jalan pintas di Desa Sedeng jika mau hemat waktu. Tetapi untuk jalur kedua, kondisi jalannya lebih ekstrim dan kendarannya harus benar-benar prima.

Daya Tarik

Selain ombak yang sangat bagus Pantai Watukarung masih memiliki pesona lain yang tidak kalah menarik untuk dinikmati, berupa hamparan pasir putih bersih sepanjang 1 kilometer. Air lautnya terlihat jernih, berpadu dengan jejeran batu karang yang bikin pantai ini terlihat semakin indah, sedap dipandang mata.

Hampir tiap hari suasananya terasa sepi, nyaman dan damai karena berada di tempat yang sangat jauh dari keramaian maupun kebisingan kota. Suara deburan ombak yang berpadu dengan hembusan angin sepoi-sepoi bikin hati jadi tenang dan segala beban kehidupan seakan hilang dari ingatan.

Terlebih dengan adanya aneka pepohonan yang berbaris membentuk deretan panjang yang menciptakan aroma sejuk, dingin, sekaligus melindungi dari paparan panas sinar matahari. Semua pengunjung pasti akan merasa betah berlama-lama berada di pantai ini.

Akomodasi dan Tarif Masuk

Hingga sekarang belum ada rumah makan besar atau restoran yang buka di seputaran Pantai Watukarung. Walau demikian jika lagi lapar dan mau makan, terdapat puluhan warung yang menyediakan menu istimewa khas Pacitan berupa sayur manis santan.

Makanan ini terbuat dari keong tawar ini dimasak bersama kol dan cabai hijau beserta aneka bumbu rempah. Meskipun rasanya pedas namun tetap terasa lezat dinikmati dan mampu menghadirkan sensasi spesial, khususnya bagi para penggemar wisata kuliner.

Kemudian untuk urusan akomodasi atau penginapan, justru telah tersedia meski masih terbilang sederhana karena hanya berupa homestay. Tarifnya cukup terjangkau antara Rp250.000 – Rp350.000 per hari dan meski fasilitasnya juga sederhana, tetap nyaman untuk istirahat.

Agar dapat masuk ke objek wisata Watukarung, setiap pengunjung hanya perlu bayar tiket seharga Rp5.000 untuk anak-anak dan Rp10.000 bagi wisatawan dewasa. Selain itu ditambah ongkos parkir Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
21,900SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles