Tuesday, July 23, 2024
HomeSeni dan BudayaMulai Digarap September 2023, Revitalisasi Keraton Kasunanan Diawali Dari Alut dan Alkid

Mulai Digarap September 2023, Revitalisasi Keraton Kasunanan Diawali Dari Alut dan Alkid

Soloevent.id –┬áProgram revitalisasi kawasan Keraton Kasunanan Surakarta makin menunjukkan titik terang. Proyek ini diawali dengan tahap pelelangan pada awal Agustus 2023 dan pada September atau paling lambat Oktober 2023 diharapkan dapat segera digarap. Sebagai permulaan, yang jadi sasaran pertama adalah Alun-Alun Utara (Alut) dan Alun-Alun Kidul (Alkid) atau selatan.

Kepastian ini mengemuka setelah Walikota Surakarta, Gibran Rakabumingraka hadir dalam Rapat Persiapan Pelaksanaan Penataan Kawasan Keraton Kasunanan Surakarta pada Rabu, 26 Juli 2023 di Hotel Novotel.

Turut hadir dalam pertemuan ini antara lain Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta, Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Surakarta, Tim Perencanaan Teknis Penataan Kawasan Keraton Kasusanan, Kepala Balai Kebudayaan Wilayah X Jawa Tengah, dan perwakilan Keraton Kasunanan.

Pertemuan tersebut digelar untuk membahas kerjasama antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Jawa Tengah (BPPWJT), Pemkot Surakarta, bersama Keraton Kasunanan Surakarta. Selain itu dibicarakan penandatanganan perencanaan teknis dengan semua lembaga tersebut.

Butuh Dana Sekitar Rp35 Miliar

Usai pertemuan Gibran mengungkapkan, setelah ada proses penandatangan kerjasama akan dilaksanakan tahapan lelang dan langkah awalnya mengarah pada alut dan alkid. Ditambahkan, saat ini pihaknya sudah mulai merampungkan proses non teknis, seperti relokasi pedagang dan untuk urusan lainnya segera menyusul.

Sementara itu berdasarkan informasi dari Kuswara selaku wakil Kementerian PUPR, proyek ini menggunakan dana APBN Kementerian PUPR tahun anggaran 2023-2035 dengan nilai sekitar Rp35 miliar.

Dengan adanya pertemuan tersebut, Kuswara berharap proyek revitalisasi bisa segera dikerjakan. Selain itu dia juga mohon doa dan restu karena sangat menyadari apabila program tersebut tidak mudah karena bersinggungan erat dengan budaya. Menurutnya ini sangat berbeda dengan proyek lain yang dibangun secara konvensional.

Pada kesempatan yang sama Putra Mahkota Keraton Kasunanan Surakarta, Pangeran Purbaya mengaku bahwa pihaknya telah menerima dan menyetujui desain revitalisasi kawasan keraton. Disebutkan pula, pihak keraton menerima semua kesepakatan yang telah dilakukan.

Pangeran Purbaya juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada semua pihak dan berjanji akan mengikuti semua petunjuk dari pemerintah. Selain itu dia juga meyakini jika program revitalisasi Keraton Kasunanan bisa memberi manfaat besar bagi warga.

Pesan Khusus Dari Sinuhun

Ketika ditanya tentang adanya pesan khusus dari Sri Susuhunan Paku Buwana (PB) XIII, Pangeran Purbaya menjawab tidak ada. Meskipun demikian dia mengaku ada sejumlah catatan penting yang telah disampaikan pada tim perencana teknis.

Salah satunya adalah berkaitan dengan keberadaan pohon beringin di tengah alut dan alkid yang masing-masing jumlahnya ada dua. Karena memiliki nilai sejarah, budaya, dan filosofi tinggi, pohon beringin tersebut tidak boleh dipindah. Tapi untuk rencana penggunaan pasir dari pantai selatan sebagai penutup permukaan alun-alun, Sinuhun justru sangat menyetujui karena di masa lalu kondisinya memang seperti itu.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments