Tuesday, July 23, 2024
HomeWhat's On SoloSambil Blusukan, Gibran Bagi-Bagi Sertifikat Tanah ke Warga

Sambil Blusukan, Gibran Bagi-Bagi Sertifikat Tanah ke Warga

Soloevent.id – Wali Kota Surakarta Gibran Rakabumingraka baru saja melakukan kegiatan blusukan ke sejumlah kelurahan di Kecamatan Jebres. Aktivitas yang berlangsung pada hari Rabu, 11 Januari 2023 ini diiringi dengan pembagian lima sertifikat tanah pada warga yang berhak menerima.

Taufan Basuki selaku Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Disperum KPP) Surakarta menyebutkan, pembagian sertifikat tanah tersebut berasal dari Program Daerah Agraria (Proda). Pemberiannya dilakukan sesuai pengajuan yang dilakukan oleh warga.

Proda tersebut ada yang pecah sertifikat atau kemungkinan berhubungan dengan tanah negara yang sudah ditempati hingga 10 atau 20 tahun. Prosedur pengajuannya dapat melalui bantuan perangkat kelurahan setempat atau kelompok kerja. Selain itu untuk tahun 2023 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta akan membagi lagi sekitar 100 sertifikat tanah.

Berdasarkan informasi dari Solopos, saat blusukan ke Kelurahan Jagalan sambil jalan kaki, Gibran langsung menuju ke rumah warga yang menjadi penerima sertifikat. Saat menyadari jika yang mendatangi mereka merupakan orang nomor satu di Kota Solo, masyarakat langsung memberikan sambutan dengan meriah.

Tidak sedikit pula yang meminta bantuan kepada Gibran. Menyaksikan hal ini Kepala Kelurahan Jagalan Irjanto Yudha Andika langsung bertindak secara sigap. Dia segera melalukan pendataan dan pengecekan, apakah para pemohon bantuan ini telah tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau belum.

Foto Lama dan Foto Bersama

Tak hanya minta bantuan saja, ada sejumlah warga lain yang melakukan penyambutan di depan tempat usaha atau rumah mereka. Kemudian setelah bertemu Gibran, segera menunjukkan foto lama milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang merupakan ayah kandung Gibran.

Dari sekian banyak foto yang ada terlihat salah satu yang memperlihatkan Jokowi lagi memakai celana pendek sehingga lututnya tampak dengan jelas. Menurut keterangan warga, foto ini diambil sekitar tahun 2004 usai olahraga bulu tangkis.

Pada masa tersebut Jokowi memang acap main bulu tangkis dengan warga. Sehingga tidak mengherankan ketika dipameri foto tersebut, perhatian Gibran langsung tersita. Momen ini kemudian tidak disia-siakan begitu saja oleh warga. Banyak yang berhasil foto bersama dengan Gibran.

Hal yang sama juga dilakukan oleh warga lain. Sambil mendekati Gibran mereka ikut memamerkan dua foto lawas lain saat Jokowi lagi duduk bersama FX Hadi Ridyatmo. Foto yang juga diambil pada tahun 2004 itu merupakan suatu momen ketika keduanya sedang menghadiri jamuan makan.

Selain memberikan sertifikat tanah dan bantuan sambil foto bersama, di kesempatan tersebut Gibran juga membagikan sejumlah buku miliknya yang baru saja diterbitkan.

Buku bertajuk ‘Geliat Solo di Tangan Gibran Wali Kota Karbitan’ tersebut mengupas segala hal yang menjadi prioritas pembangunan Solo selama di bawah kepemimpinan Gibran. Termasuk prestasi yang berhasil diraih hingga masalah atau tantangan yang belum terselesaikan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments