Pernak-Pernik Khas Sekaten, Kapal Othok-Othok Mulai 15 Ribu

245

Soloevent.id – Sekaten 2023 kembali digelar. Bertempat di Alun-alun Utara Surakarta, Sekaten telah dimulai tanggal 8 September 2023 hingga sebulan kedepan. Sekaten merupakan acara tahunan yang digelar di Kota Solo sejak abad ke-15. Acara ini merupakan tradisi yang dilakukan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Ada banyak hiburan yang disajikan untuk memanjakan masyarakat Kota Solo dan sekitarnya, termasuk dari luar kota Solo.

Ada banyak wahana permainan yang bisa dicoba di sekaten, seperti bianglala atau komidi putar, ombak banyu, kapal kora-kora, tong stand, hingga hiburan musik dangdut. Tak hanya wahana permainan yang menjadi daya tarik, aneka kuliner dan pernak-pernik khas sekaten cocok untuk dijadikan buah tangan. Berikut beberapa kuliner & pernak-pernik khas sekaten:

  1. Celengan Gerabah

Celengan gerabah merupakan wadah untuk menabung. Celengan ini mempunyai banyak bentuk dan ukuran. Ada yang berbentuk hewan, seperti macan, sapi, kelinci dan ada juga yang berbentuk tokoh karakter kartun. Celengan gerabah dibikin dari tanah liat. Harga yang dibandrol untuk celengan ini mulai dari Rp25 ribu-Rp70 ribu tergantung ukuran.

  1. Kapal Othok-Othok

Kamu pastinya sudah kenal dengan mainan tradisional khas Sekaten ini. Kapal-kapal berbentuk mini ini bisa bergerak karena menggunakan bahan bakar dari minyak. Ketika sumbu kapal dinyalakan, kapal dapat bergerak diatas air. Uniknya saat beregerak, kapal tersebut bakal mengeluarkan bunyi “othok-othok” ketika sudah menyala, makanya kapal ini disebut kapal othok-othok. Kapal othok-othok kecil dijual seharga Rp15 ribu, sedangkan yang besar dijual Rp30 ribu.

  1. Berondong dan Arum Manis

Makanan / camilan yang wajib dibeli waktu main di sekatan adalah berondong jagung dan arum manis. Berondong atau jipang dikemas menarik dengan warna beragam. Ada warna putih, merah jambu, cokelat, dan lainnya. Bentuknya pun dibuat lucu-lucu, ada yang dikemas berbentuk sepeda, berbentuk tongkat panjang, becak dan lain-lain. Kalau arum manis, jajanan ini berasal dari gula pasir yang diolah dengan alat putar hingga menghasilkan gula kapas tak lupa diberi warna-warni untuk mempercantik tampilan. Ada warna merah jambu (pink), putih, biru muda, kuning pastel, ungu muda dan lain-lain. Rasanya manis dan teksturnya lembut seperti kapas.