23 C
New York
Sunday, July 21, 2024

Buy now

spot_img

Sudah Jadi, Gibran Ingin Secepatnya Buka Tirtamas Waterpark Jebres

Soloevent.id – Usai mengalami sejumlah kendala, pada akhirnya proyek pembangunan objek wisata air Tirtamas Waterpark dapat selesai. Kabar menggembirakan ini disampaikan sendiri oleh Walikota Surakarta, Gibran Rakabumingraka ketika berjumpa dengan wartawan pada Rabu pagi, 30 Agustus 2023 di Balaikota Surakarta.

Dia menjanjikan akan membuka destinasi wisata terbaru di Jl. KH Dewantara No 80, Keluarahan/Kecamatan Jebres tersebut secepatnya. Meski belum dapat menceritakan kapan waktunya secara pasti, namun disebutkan bahwa informasi tentang rencana ini juga akan segera dibagikan, termasuk harga tiket masuk.

Secara terpisah Camat Jebres, Dyah Saraswati mengaku hingga sekarang pemerintah Kecamatan Jebres belum memperoleh keterangan tentang pembukaan objek wisata air Tirtamas Waterpark.

Kendati demikian di beberapa media sosial terpercaya justru telah muncul informasi lain terkait dengan pembukaan lowongan kerja di Tirtamas Waterpark. Ada berbagai posisi yang ditawarkan, seperti front office, life guard, hingga logistik dan admin.

Waterpark Terbesar di Jawa Tengah

Sementara itu berdasarkan laporan dari sejumlah sumber, sesudah rampung digarap, Tirtamas Waterpark Jebres hadir sebagai waterpark terbesar di Provinsi Jawa Tengah. Salah satu alasannya adalah karena destinasi tersebut memiliki beragam wahana atau permainan air.

Mulai dari kolam renang untuk anak hingga dewasa, kolam splash, kolam luncur dan kolam ombak, semuanya tersedia lengkap. Selain itu masih terdapat beberapa fasiltas lain sebagai penunjang kenyamanan pengunjung seperti resto hingga coffe shop.

Pada sisi yang lain dalam situsnya Solopos pernah menyebutkan proyek ini berada di atas suatu lahan dengan luas sekitar 3,9 hektar atau 30.015 meter persegi. Sedangkan pembangunannya dimulai pada pertengahan 2020.

Nilai investasi proyek ini mencapai sekitar Rp50 miliar dan merupakan hasil kerja sama Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta dengan PT Artha Tirta Mulia. Sedangkan  penandatanganan perjanjiannya dilaksanakan oleh Walikota Surakarta yang ketika itu masih dijabat oleh F.X. Hadi Rudyatmo.

Pada awalnya, proyek ini diharapkan dapat kelar pada bulan Desember 2022. Bahkan saat proses pembangunan masih berlangsung, Gibran sempat mengungkapkan niatnya untuk mengintegrasikan Tirtamas Waterpark dengan Solo Safari.

Namun karena ada beberapa persoalan yang muncul, target tersebut gagal terealisasi dan saat inilah baru dapat diselesaikan. Keberadaan dan kehadirannya tentu saja akan memunculkan daya tarik lebih tinggi bagi industri wisata Solo, apalagi dengan adanya sejumlah objek wisata baru lain yang belum lama beroperasi.

Ketika meninjau progres pembangunan Tirtamas Waterpark pada bulan Januari 2023 lalu, Gibran sempat mengasih ketegasan bahwa Solo tak boleh kalah dengan kota lain seperti Semarang dan Yogyakarta.

Apabila APBD Surakarta tidak mencukupi, bisa minta kepada Gubenur atau menteri. Jika ternyata masih kurang lagi, dapat mengambil langkah lain misalnya melalui kerja sama dengan investor atau pakai dana CSR. Tentu saja, tindakan ini pantas mendapat dukungan dari semua pihak.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
21,900SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles