Perayaan Sekaten Solo 2022, Mengembalikan Tradisi Adat dan Budaya Solo

114

Soloevent.id – Event Pasar Malam Sekaten Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat 2022 digelar selama satu bulan penuh dari 16 September hingga 16 Oktober 2022. Ada 3 lokasi yang dipakai untuk event Sekaten Solo, Alun-Alun Selatan, Alun-Alun Utara dan Pagelaran Keraton.

Perayaan sekaten tahun ini dirasa sangat meriah. Di Alun-Alun Utara dan Alun-Alun Selatan, ada berbagai hiburan seperti wahana permainan, aneka makanan dan minuman, barang-barang khas perayaan sekaten dan panggung hiburan.

 

Sedangkan yang berada di Pagelaran dan sekitarnya terdapat Bazar, Thrift, Kuliner Nusantara, Gamelan Sekaten, Kesenian Daerah, Keroncong dan Kajian Agama.

 

Ketua Eksekutif Lembaga Dewan Adat Keraton Kasunanan Surakarta, KP Eddy Wirabhumi mengatakan, “Setelah vakum akibat pandemi, kami ingin mengembalikan tradisi adat keagamaan dari perayaan sekaten seperti perayaan terdahulu. Kami akan menggelar beberapa tradisi dari sekaten seperti Grebeg Mulud dan acara kajian agama, seperti  1 Oktober akan mengundang dari Muhammadiyah dengan tema agama dan kebudayaan Jawa” ujarnya di Kantor Sekretariat Sekaten Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Sabtu (17/9).

Ia juga menambahkan, “Tahun ini, kami juga berkoordinasi dengan pihak keraton Demak untuk menggelar perayaan Sekaten disana. Ya berdasarkan sejarah keraton Surakarta dengan Demak itu sama. Jadi, ini untuk pertama kalinya Sekaten digelar di Demak,” ungkapnya.