Joey Alexander: Muda, Berbakat, Mendunia

888
Foto: joeyalexandermusic.com

Soloevent.id – Josiah Alexander Sila atau yang dikenal dengan Joey Alexander adalah seorang pianis muda  kelahiran Denpasar, 25 Juni 2003. Ia merupakan musisi Indonesia pertama yang berhasil menembus jajaran chart musik dunia, Billboard 200.

Ia sepertinya terlahir untuk menjadi musisi. Joey belajar memainkan piano sejak berumur 7 tahun. Saat itu, Joey diberi hadiah kibor oleh orang tuanya dan mulai belajar musik jaz secara autodidak. Di usia belianya, Joey berhasil menguasai berbagai teknik permainan piano dan improvisasi yang dikenal penting dalam aliran musik jaz.

Pada 12 Mei 2015, saat ia berumur 11 tahun, Joey merilis album perdananya, My Favorite Things, lewat Motema Record, New York. Dari album inilah, Joey bikin gempar publik kerena dia terpilih menjadi nominator di Grammy Awards untuk dua kategori, yaitu “Best Instrumental Jazz Album” dan “Best Jazz Solo Improvisation” (untuk lagu “Giant Steps” dari album tersebut). Ia juga diberi kesempatan untuk tampil di ajang penghargaan musik paling akbar tersebut. Joey merupakan salah satu artis dari Indonesia yang tampil di acara bergengsi tersebut.

Dua tahun berselang, Joey kembali diminta tampil lagi di Grammy Awards. Ia mengaku bahagia bisa diberi kesempatan untuk dapat menunjukkan bakatnya di depan masyarakat dunia.

Joey baru saja mengeluarkan album terbarunya, Warna, yang berisikan 12 lagu. Lagu-lagu itu diangkat dari berbagai pengalaman bermusiknya sejak menapakkan kaki di Amerika Serikat.



Tahun ini, Joey juga sedang mempersiapkan diri untuk melakukan tur ke berbagai kota di Amerika Serikat. Ia dijadwalkan bermain di panggung-panggung jaz ternama, seperti The Blues Alley Washington DC, Blue Note New York, dan SFJazz Center Miner Auditorium San Fransisco.

Joey Alexander juga bakalan menjadi salah satu penampil dalam Prambanan Jazz 2020 yang berlangsung pada 3-5 Juli 2020. Dia akan beraksi panggung Special Show, 3 Juli.