Hari UMKM Nasional 2023, Wujudkan Transformasi UMKM Masa Depan

222

Soloevent.id – Perayaan Hari Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) Nasional 2023 resmi dibuka di Pamedan Pura Mangkunegaran Solo, Kamis (10/8/2023). Acara yang berlangsung dari tanggal 10-13 Agustus 2023 ini dihadiri oleh Wakil Wali Kota Solo, Pimpinan Kementerian/Lembaga, Pimpinan Daerah, Kepala BI Kantor Perwakilan Solo, Perwakilan Pertamina, Perwakilan PLN, Direktur Utama dan Para Ketua Dekranasda.

Perayaan Hari UMKM Nasional menjadi titik kebangkitan dan semangat kemandirian UMKM. Mengambil tema ‘Transformasi UMKM di Masa Depan’, kegiatan ini diharapkan menjadikan UMKM mampu terus berkembang, inovatif dan adaptif seiring dengan pemanfaatan perkembangan teknologi.

Sekretaris Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) Arif Rahman Hakim mengatakan, “Sesuai dengan yang kita pahami bersama, UMKM ini jumlahnya 99,9 persen dari semua pelaku usaha di Indonesia. Pelaku UMKM ini jumlahnya 64,2 juta dan juga menyumbangkan 97 persen terhadap total tenaga kerja yang ada di Indonesia. Kami berharap untuk terus mewujudkan UMKM lokal yang adaptif terhadap teknologi dan lebih inovatif serta membuka lapangan pekerjaan. Untuk itu pengembangan UMKM menjadi penting dan krusial serta menjadi semangat bagi kita untuk mewujudkan UMKM yang unggul dalam setiap visinya mulai dari hulu hingga hilir,” katanya dalam sambutan saat pembukaan perayaan Hari UMKM Nasional 2023 di Pamedan Pura Mangkunegaran Solo.

Dalam menyiapkan UMKM masuk ke dalam ekosistem digital, Kementerian Koperasi UMKM juga berkolaborasi dengan Google Indonesia dan YouTube untuk memberikan pelatihan bersama kreator digital hingga memberikan hibah iklan pada pelaku UMKM terkurasi.

Sedangkan dalam upaya mendukung UMKM onboarding pada ekosistem digital, Kementerian Koperasi UMKM juga bersama Tokopedia melaksanakan live shopping untuk mendukung produk unggulan UMKM pada platform marketplace.

Perayaan kali ini, ada sebanyak 2.000 pelaku UMKM berbagai bidang, seperti fashion, aksesoris, kuliner, kerajinan, hingga otomotif dari seluruh Indonesia. Perayaan Hari UMKM Nasional 2023 juga diisi dengan berbagai kegiatan seperti pameran, forum diskusi, workshop, kuliner dan panggung hiburan.