Diresmikan Jokowi, Stadion Manahan Siap Gelar World Cup U-20

515

Soloevent.id – Dua perayaan besar, yaitu ulang tahun ke-20 Pasoepati hari jadi ke-275 Kota Solo, menandai beroperasinya Stadion Manahan Solo pascarenovasi. Stadion terbesar di Kota Bengawan ini diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Sabtu (15/2/2020).

Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan biaya renovasi Stadion Manahan menghabiskan dana lebih dari Rp300 milyar yang berasal dari APBD Kota Surakarta. “Kita siap jadi tuan rumah World Cup U-20 di tahun 2021 mendatang,” seru Rudi saat memberikan sambutan.

Rudy juga memberikan ucapan ulang tahunnya kepada Pasoepati yang sudah 20 tahun setia mendukung kesebelasan Persis Solo. Dia berharap agar kelompok suporter tersebut makin sadar untuk merawat Stadion Manahan Solo sebagai venue kebanggaan Kota Solo.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya mengungkapkan rasa bahagianya atas selesainya proses renovasi dan pengembangan Stadion Manahan hingga menjadi megah.“Akhirnya Stadion Manahan menjadi stadion yang megah dengan fasilitas yang baik. Harapan saya stadion ini bisa ditetapkan sebagai venue untuk World Cup U-20 di tahun 2021,” terangnya.



Prosesi peresmian dilakukan dengan penandatanganan prasasti oleh Presiden Joko Widodo. Kemudian Jokowi menyerahkan bola kepada anak gawang sebagai simbolis peresmian dan dilanjutkan dengan anak gawang bersama pemain menendang bola ke arah penonton.

Dalam HUT Pasoepati ini digelar juga pertandingan persahabatan antara Persis Solo dan Persib Bandung. Ini merupakan laga perdana Laskar Sambernyawa di Stadion Manahan setelah diperbaiki. Duel ini dimenangkan oleh Maung Bandung dengan skor 0-2. Gol dicetak oleh Beckham Putra pada menit 11 dan Zulham Zamrun lewat titik penalti, tiga menit setelah gol pertama.