Wednesday, October 16, 2024
spot_img
HomeLainnyaAgar Tetap Sehat dan Aman Dikonsumsi, Inilah Durasi Paling Tepat Menyimpan Roti

Agar Tetap Sehat dan Aman Dikonsumsi, Inilah Durasi Paling Tepat Menyimpan Roti

Published on

spot_img
spot_img

Soloevent.id – Roti merupakan salah satu jenis makanan yang menggunakan bahan utama dari tepung gandum atau terigu, sehingga jika terlalu lama disimpan, rentan terhadap serangan jamur. Apalagi jika dalam pembuatannya menggunakan ragi, risikonya jadi lebih besar. Jamur bisa semakin mudah tumbuh, termasuk bakteri merugikan.

Berdasarkan penjelasan dari Healthline, roti hanya memiliki waktu singkat agar tetap aman dan sehat disantap. Sehingga sangat penting mengetahui durasi paling aman menyimpan roti dan beberapa tips penting lain sesuai jenis dan sistem pengolahan roti itu sendiri.

1. Roti Bikinan Toko

Apabila kalian membeli roti di toko, seperti roti tawar, sandwich, bakery, dan sejenis lainnya kemudian ingin menyimpan dalam suhu ruangan, biasanya mampu bertahan antara 2 sampai 7 hari. Namun jika menggunakan lemari es, bisa tahan lebih lama sekitar 7 hari sampai 2 pekan.

Selanjutnya jika ingin menyimpan dalam jangka waktu lebih panjang lagi, beli di toko adalah sebuah pilihan terbaik karena biasanya mengandung bahan pengawet. Bahkan jika dibekukan ketahanannya bisa mencapai sekitar 3 bulan. Namun jangan lupa membungkus sebaik mungkin agar tidak cepat mengering dan kena kotaminasi.  

2. Roti Bikinan Sendiri

Roti rumahan atau bikinan sendiri pada umumnya tidak pakai pengawet sehingga cepat rusak, apalagi jika mengandung susu dan telur. Jadi apabila disimpan dalam suhu ruang hanya dapat bertahan maksimal 4 hari saja dan jika menggunakan lemari es, ketahanannya mencapai antara 6 hingga 9 hari.

Kendati demikian kalian tetap dapat menyimpan secara aman dengan durasi lebih lama melalui sistem pembekuan dan jangka waktu paling lamanya yakni 6 bulan. Pastikan bungkusnya selalu tertutup rapat, sehingga tidak mudah kering atau mengeras. Selain itu akan lebih bagus lagi jika bungkusnya menggunakan alumunium foil.

3. Roti Tanpa Gluten

Roti yang tidak mengandung gluten mempunyai ketahanan lebih tinggi terhadap kelembapan. Apalagi jika dalam pembuatannya tidak pakai bahan pengawet yang merupakan penyebab dari pertumbuhan jamur. Sehingga dapat disimpan dalam freezer agar semakin terjaga keawetannya bahkan bisa mencapai 6 bulan. Namun apabila menyimpan di suhu ruang, ketahanannya hanya sekitar 3 atau 4 hari saja. 

4. Adonan Yang Didinginkan

Saat bikin roti sendiri, dengan alasan tertentu mungkin ada yang menyimpan adonannya dalam kulkas misalnya roti biskuit. Metode semacam ini dapat membuat adonan tersebut mudah rusak karena kandungan lemak atau minyaknya gampang tengik. Sehingga ketahanan maksimalnya hanya berkisar 3 atau 4 hari saja, namun apabila dibekukan bisa mencapai 6 bulan.

Terakhir bagi kalian yang ingin lebih praktis dan hemat waktu lebih disarankan beli roti di toko dan rekomendasi terbaiknya yaitu Sophie Souffle Bakery. Alamatnya ada di Jl. Honggowongso 2B, Solo. Pilihannya sangat lengkap seperti spikoe, chiffon, brownies, dan masih banyak lagi. Semua memiliki cita rasa sempurna dan yang lebih penting aman sekaligus sehat dikonsumsi.     

Artikel Populer

Artikel Terbaru

Mengenal Asal Usul Kampung Sondakan Lewat Festival SondakArt

Soloevent.id - Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan Solo, menggelar Festival SondakArt selama empat hari mulai...

Upacara Pembukaan Peparnas 2024 Berlangsung Meriah di Stadion Manahan Solo

Soloevent.id - Upacara Pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024 berlangsung meriah di Stadion Manahan Solo, Minggu...

Rasamadu Heritage Hadirkan ‘Cubic’ Pengalaman Imersif Interaktif Pertama di Solo

Soloevent.id - Rasamadu Heritage atau yang sebelumnya bernama The Heritage Palace, dulunya adalah pabrik...

More like this

Cara Gampang Mengatasi Celana Jeans Melar Agar Kembali ke Ukuran Semula

Soloevent.id - Salah satu masalah yang paling umum terjadi terkait dengan koleksi celana jeans...

Bukan Sekedar Pengenyang Perut, Inilah Manfaat Konsumsi Roti

Soloevent.id - Selain nasi, ada makanan lain yang kerap jadi konsumsi masyarakat dunia termasuk...

Sebelum Pilih, Kenali Perbedaan Celana Jeans Model Stretch dan Non Stretch

Selain desain, kenyamanan juga perlu jadi bahan pertimbangan ketika ingin beli celana jeans baru....