Monday, July 22, 2024
HomeHeadlineGibran Ingin Pembukaan dan Penutupan PD U-20 Digelar di Stadion Manahan

Gibran Ingin Pembukaan dan Penutupan PD U-20 Digelar di Stadion Manahan

Soloevent.id – Wali Kota Surakarta Gibran Rakabumingraka punya keinginan agar pembukaan dan penutupan atau final Piala Dunia (PD) U-20 bisa digelar di Stadion Manahan. Usulan ini diajukan pada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Alasannya adalah stadion tersebut telah berpengalaman sebagai tuan rumah penyelenggaraan berbagai event internasional termasuk Asean Paralympic Games (APG).

Ditegaskan, selama ini Solo telah terbiasa mengadakan event besar. Bahkan dibanding PD U-20, tingkat kesulitan penyelenggaraan APG itu justru jauh lebih tinggi. Mulai dari penyediaan transportasi hingga penyesuaian venue, harus disiapkan secara khusus. Sedangkan PD U-20, meskipun jumlah peserta dan kontingennya lebih banyak tetapi hanya terdiri dari satu cabang olahraga saja.

Dalam rilisnya Solopos melaporkan, hingga saat ini memang belum ada tanggapan dari pemerintah pusat sehubungan dengan usulan tersebut. Kendati demikian Gibran mengaku sudah melakukan koordinasi dengan penanggung jawab opening dan closing ceremony PD U-20 Wishnutama Kusubandio.

Gibran meyakini apabila digelar di Stadion Manahan maka pembukaan dan penutupan PD-U20 2023 dapat berlangsung dengan meriah. Apalagi mengingat Solo merupakan kota yang memiliki banyak sekali suporter sepakbola. Pastinya mereka akan merasa senang bisa turut serta memeriahkan gelaran skala internasional tersebut.

Selain itu Gibran juga menjanjikan bahwa Solo mampu menjadi tuan rumah yang baik. Para suporter seperti Surakartans, Pasoepati, Garis Keras, dan lainnya akan selalu siap berperilaku tertib dan sopan saat nonton perlombaan di Stadion Manahan.

Kemudian terkait dengan renovasi Stadioan Mahanan beserta lapangan untuk latihan, wali kota memastikan jika semua berjalan sesuai dengan target dan rencana. Semua pekerjaan akan rampung tepat waktu pada bulan Maret 2023 mendatang. Setelah itu akan ditutup untuk umum hingga gelaran PD U-20 pada Mei – Juni 2023 selesai.

Persiapan

Pada sisi yang lain Kompas melaporkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta sudah menyiapkan Stadion Manahan dan beberapa lapangan pendamping untuk menggelar PD U-20 2023. Sebagian masih dalam tahapan renovasi karena adanya evaluasi oleh Federation Internationale de Football Association (FIFA).

Untuk lapangan pendamping, yang disiapkan antara lain Stadion Sriwedari, Lapangan Kota Barat, Lapangan Banyuanyar, dan Lapangan Sriwaru. Beberapa perbaikan yang telah dan masih dikerjakan berupa pemasangan rumput sintetis area FOP, peningkatan kualitas rumput lapangan, dan menambah anti slippery floor.

Selain itu ada renovasi toilet, perbaikan tribun media, pemasangan CCTV, pembuatan kamera platform dan penambahan flagpole. Berikutnya ada perbaikan lampu garis dan area parkir, test commisioning lampu lapangan dan penataan area stadion. Kemudian yang terakhir adalah pembongkaran pagar tribun agar tidak ada halangan pandangan lagi bagi penonton.

Secara panjang lebar Gibran mengungkapkan pula, pihaknya telah menyiapkan semua kebutuhan penting seperti hotel, transportasi, volunteer, dan sebagainya. Petugasnya berasal dari sekrataris panitia yang sebelumnya sudah terbentuk.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments