Monday, July 22, 2024
HomeHeadlineIni Jawaban Kenapa Universitas Sebelas Maret Disingkat UNS

Ini Jawaban Kenapa Universitas Sebelas Maret Disingkat UNS

Soloevent.id – Kamu mahasiswa aktif atau alumnus Universitas Sebelas Maret Surakarta? Tahu enggak kenapa universitas negeri di Solo ini disingkat UNS dan bukan USM?

Ternyata ada cerita panjang di balik sebutan dan singkatan ini. Awalnya, pembangunan universitas di Kota Solo sudah direncanakan sejak 1950-an. Namun, karena situasi politik dan ekonomi tidak stabil ditambah banyak peperangan menjadikan proyek ini mangkrak cukup lama.

Tahun 1953, Solo berada di bawah kepemimpinan Mohammad Saleh. Ia juga menjadi ketua panitia pembangunan universitas di Solo. Karena kondisi tidak memungkinkan, khususnya ketidakstabilan keuangan daerah dan pusat, membuat banyak pihak yang mendirikan universitas swasta kurang mendapatkan simpati.

Satu dasawarsa kemudian, berdirilah Universitas Kota Praja Surakarta (UKPS) yang diinisiasi pemeritah daerah dan dipimpin oleh Utomo Ramelan. Saat itu, bersamaan pula komunisme tumbuh. Berbagai lini kehidupan terpengaruh, termasuk UPKS. Ilmu tentang sosialisme berkembang hingga akhirnya saat perisitiwa G30 S PKI, universitas ini berakhir karena pemerintah menghapus segala aspek-aspek  yang berbau sosialisme dan komunisme di Indonesia.



Di tahun 1966, salah satu universitas swasta di Solo, Universitas Nasional Saraswati, mengajukan diri menjadi universitas negeri. Hal itu diperbolehkan oleh menteri dan kemudian diikuti oleh universitas-universitas lainnya. Oleh dinas terkait, pada 1 Juni 1975, unversitas-universitas tersebut digabung dan diberi nama baru, yaitu Universitas Gabungan Surakarta (UGS).

Setahun kemudian, UGS kembali digabung dengan beberapa universitas swasta dan negeri lainnya untuk membentuk universitas negeri di Kota Solo. Hingga akhirnya berdirilah sembilan fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan, Fakultas Sastera Budaya, Fakultas Sosial Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Pertanian, serta Fakultas Teknik.

Akhirnya pada tanggal 11 Maret 1976, tepatnya pukul 10.00 WIB, dibacakanlah keputusan Presiden Republik Indonesia tentang pembukaan Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret sebagai nama resmi universitas.

Dalam perkembangannya, pada tahun 1982, nama dan singkatan Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret ditetapkan menjadi Universitas Sebelas Maret Surakarta dan disngkat UNS. Perubahan nama dan singkatan ini berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 55 Tahun 1982.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments