Merayakan Hari Musik Nasional 2024, Lokananta Gelar Pameran Bareng Irama Nusantara

136

Soloevent.id – Lokananta sebagai destinasi cagar budaya musik Indonesia di Kota Solo menyiapkan serangkaian kegiatan untuk ikut menyemarakkan perayaan Hari Musik Nasional 2024 yang jatuh pada hari Sabtu 9 Maret 2024.

Salah satu kegiatan yang digelar adalah pameran sejarah musik bertajuk “Dari Ngak Ngik Ngok Ke Dheg Dheg Plas”. Pameran ini digelar untuk umum selama satu tahun mulai 10 Maret 2024 hingga 28 Februari 2025 di Ruang Pamer Temporer, Galeri Lokananta. Gelaran ini hasil kolaborasi Lokananta dengan Yayasan Irama Nusantara.

 

Soloevent mendapatkan kesempatan untuk hadir dalam acara pembukaan pameran dan mengikuti mini tour pameran Galeri Lokananta “Ngak Ngik Ngok Ke Dheg Dheg Plas”. Dalam acara pembukaan pameran ini pengunjung dan tamu undangan dibawa masuk dan melihat perjalanan musik populer Indonesia tahun 1959-1969 yang jarang diulas di publik.

Kurator Pameran Ignatius Aditya Adhiyatmaka menjelaskan, “Musik populer Indonesia pada periode tahun 1960-an dipengaruhi oleh banyak konteks politik, ekonomi, sosial, teknologi dan budaya yang pada masa itu dinamikanya berjalan sangat cepat. Hasilnya dapat kita lihat melalui berbagai kemunculan bentuk musik yang sangat mempengaruhi paradigma serta kesejarahan musik populer Indonesia,” jelasnya.

 

CEO Lokananta Wendi Putranto menambahkan, “Pameran ini menuturkan sesuatu yang hilang atau bahkan tidak dipedulikan dalam edukasi sejarah di sekolah-sekolah. Menurut kami, pameran ini wajib ditampilkan lebih lama karena harus lebih banyak lagi anak-anak muda atau siapapun melihat pameran ini. Di Galeri Lokananta bukan hanya galeri biasa tapi galeri ini lebih fokus pada peradaban musik republik yang kini menjadi destinasi cagar budaya musik Indonesia,” jelasnya pada pembukaan Pameran di Lokananta, Sabtu (9/3/2024).

Selain menggelar pameran temporer, Lokananta juga secara resmi membuka toko piringan hitam pertama di Kota Solo bernama Lokananta Record Store. Toko ini menjual rilisan fisik seperti piringan hitam, CD Kaset, Merchandise, Literatur Musik hingga Turntable.

Galeri Lokananta berada di JL. A. Yani No. 379A, Kerten, Laweyan Surakarta. Harga tiket masuk ke Galeri Lokananta untuk umum Rp.35.000,- untuk pelajar/mahasiswa Rp.25.000,- dan untuk usia diatas 60 tahun Rp.25.000,-