Kostum Maskot SIPA 2019 Simbolkan Semangat Anak Muda

532

Soloevent.id – Perhelatan seni akbar, Solo International Performing Arts (SIPA), bakal digelar lagi tahun ini. Event seni pertunjukan tersebut diselenggarakan pada 5-7 September 2019 mendatang di Benteng Vastenburg.

Di edisi kesebelas ini, dara muda kelahiran Solo, Elizabeth Sudira, ditunjuk sebagai maskot. Perempuan yang pernah meraih gelar Putri Solo 2010 itu dipilih karena dinilai punya semangat muda dan rasa kreatif yang menggambarkan generasi milenial masa kini.

Tak hanya dari figur, semangat anak muda yang energik ditonjolkan juga dalam kostum. Costum Designer maskot SIPA 2019 Rory Wardana mengatakan desain kostum dibikin modern, tapi tetap membawa ciri khas Kota Solo, yaitu kain batik.

Rory menjelaskan untuk faktor kenyamanan sekaligus menyimbolkan sifat energik, Eliz (sapaan Elizabeth Sudira) akan mengenakan celana panjang bermotif batik. Dari segi tata rambut, Eliz tidak menggunakan sanggul konde, melainkan diikat dengan model ekor kuda. Hal tersebut merupakan penggambaran modernisasi wanita Jawa di masa sekarang ini.



Dari sisi make up, Eliz hanya mendapat polesan sederhana. “Setidaknya orang masih kenal kalau dia Eliz. Selain itu, Eliz dan juga para wanita pada dasarnya sudah cantik, sehingga tidak perlu banyak dipoles,” ungkap Antonius Anung selaku penata rias maskot SIPA 2019 dalam jumpa pers di Ndalem Mloyokusuman, Senin (17/6/2019).

Seperti yang pernah Soloevent beritakan sebelumnya, semangat anak muda akan banyak mewarnai SIPA 2019. Tahun ini, SIPA kabarnya akan menyuguhkan penampil-penampil muda dari dalam dan luar negeri.