Creavest 2.0, Ajang Para Muda Untuk Memajukan Pariwisata Solo

391

Soloevent.id – Sebuah event khusus untuk generasi muda kembali diadakan di Surakarta. Event  bertajuk Solo Kreatif Festival 2021 (Creavest 2.0) ini diselenggarakan pada hari Sabtu 20 November 2021 di Lokananta Record dari pukul 15:00 hingga 20:00 WIB. Gelaran tersebut berjalan secara hybrid dengan luring melalui kanal Youtube Gibran TV dan Creavest.

Ruang kreasi untuk anak muda

Pada acara jumpa wartawan, Naim Rizal yang bertindak sebagai Creative Director of Creavest 2.0 menyatakan jika acara tersebut mengambil tema ‘Local Youth Creative and Culture’.

Dengan adanya tema ini Event Goers, agenda tersebut mampu memberi ruang khusus para generasi muda untuk berkreasi. Mereka bisa tampil di ajang event tersebut dengan gaya kekinian tanpa meninggalkan nilai-nilai budaya asli milik bangsa.

Menurut Naim, kreatifitas khususnya di bidang pariwisata dan ekonomi merupakan suatu sinergi yang tidak dapat terpisahkan. Pariwisata yang hadir sebagai daya tarik masyarakat harus mendapat dukungan dari berbagai keunggulan produk-produk lokal dan berperan menjadi objek ekonomi.

Selanjutnya pengembangan dua bidang ini butuh ruang untuk menggali ide, berkarya dan media aktualisasi diri atas semua gagasan kreatif tersebut. Melalui gabungan dari semua ruh tersebut, munculah festival Creavest 2.0 sebagai suatu hasil inovasi untuk mencari pasar kreasi.

Creavest 2.0 sendiri dikemas melalui berbagai bentuk seperti ekonomi kreatif, hiasan seni dan sebagainya. Sehingga Soloevent tersebut dapat tampil sebagai sebuah pesta perayaan yang sangat bergengsi dan memiliki daya tarik serta nilai jual yang tinggi.

Wisata virtual

Dalam gelaran Creavest 2.0 diselenggarakan pula talkshow dengan peserta utama dari kalangan pelaku industri kreatif di kota Solo. Selain itu ada belanja virtual bersama UMKM dan wisata virtual atau virtual tour.

Khusus untuk wisata virtual, objek yang akan dituju antara lain kuliner di pasar Gede dan Kampung Wisata Baluwarti. Selanjutnya disusul dengan pertunjukan seni secara live yang melibatkan 10 sanggar seni dan komunitas kreatif.

Maskot Creavest 2.0

Event Goers, dalam event tersebut Viens Boys akan hadir sebagai maskot. Kelompok ini merupakan sekumpulan anak muda Solo yang selama ini selalu aktif memanfaatkan media sosial untuk berkreasi. Mereka sering membuat konten-konten kreatif yang dapat memberi dampak positif bagi semua orang terutama generasi muda.

Penggemar dan pengikutnya telah mencapai jutaan orang, sehingga bisa menjadi aset berharga untuk mempromosikan semua potensi di suatu daerah. Kelompok ini pernah berkolaborasi bersama konten kreator terkenal lainnya seperti Ria Ricis, Ruben Onsu, Ivan Gunawan hingga Atta Halilintar.

Atas dasar inilah Viens Boys dianggap tepat hadir di Creavest 2.0 karena merupakan sosok yang dapat memperlihatkan wajah generasi muda kreatif di kota Solo. Dalam gelaran event tersebut, kelompok ini membawakan pertunjukan seni berupa tarian kontemporer dan fashion show dengan busana dari bahan wastra nusantara.