Ayom Java Village: Menikmati Damai Pedesaan di Tengah Bising Kota

2124

Soloevent.id – Hiruk-pikuk kota kadang bikin pikiran tambah kusut. Apalagi beban pekerjaan sedang berat-beratnya. Bersantai sejenak bisa jadi solusinya.

Nah, tak jauh dari pusat Kota Solo, ada penginapan baru yang dikonsep dengan suasana pedesaan Jawa. Resort yang dibuka pada 26 Januari 2019 tersebut bernama Ayom Java Village.

Susana damai khas pedesaan bisa kamu rasakan saat pertama kali memasuki resort. Kamu bakal disambut dengan bau-bauan rempah dan pemandangan asri.  Kamar-kamarnya terdapat dalam lorong-lorong berdinding batu bata. Bentuk bangunannya mirip dengan rumah Joglo.

Marketing Communication Specialist Ayom Java Village (Ajavi) Mahrita Dwi Ariyanti menjelaskan konsep tersebut disuguhkan untuk memanjakan tamu.

Biar suasana khas pedesaaannya makin terasa, setiap harinya pada pukul 16.00, Ajavi bakalan bagi-bagi jajan pasar tenongan dan jamu kepada tamu secara gratis.

Di dalam komplek Ajavi terdapat sebuah pendapa – bernama Pendhapa Sasangka – yang menjadi tempat berpentas para seniman. Ajavi melibatkan komunitas-komunitas pencinta seni untuk menghidupkan pendapa supaya ambience kultur Jawa-nya semakin kental, sekaligus sebagai upaya melestarikan budaya Jawa.

Setiap minggu, Ajavi membuka kesempatan kepada para penggiat seni, khususnya musik karawitan,  untuk bisa latihan di pendapa secara gratis. Para pengrawit tak perlu membawa gamelan karena instrumennya sudah tersedia lengkap.

“Kami berkomunikasi dengan penggiat-penggiat seni dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta untuk menghidupkan pendapa. Akhirnya kami punya program setiap hari Minggu namanya Ripto Karyo, program ini juga menjadi solusi untuk para seniman gamelan yang mencari tempat latihan tapi terkendala beberapa hal, seperti biaya dan tempat,” ungkap Riri saat ditemui Soloevent, Kamis (18/7/2019).



Selain itu, setiap tiga bulan sekali Ajavi mengadakan pementasan seni. Juli ini, Ayom Java Village menggandeng Nur Handayani. Pesinden tersebut pernah tampil di berbagai tempat di Indonesia dan internasional.

Ajavi juga memfasilitasi acara pernikahan dengan harga yang dikondisikan sesuai dengan permintaan kostumer. Resepsi bisa dilakukan di pendapa (outdoor) maupun function room (indoor). Outdoor bisa menampung 100 pax, sedangkan kapasitas indoor sebanyak 70 pax.

Kalau mau menginap, Ajavi menyediakan 21 kamar/cabin dengan 5 tipe. Harganya mulai dari Rp1,4 juta per malam (2 orang +1 anak) untuk tipe Janur (tipe 1) hingga Rp5,4 juta untuk tipe Madu Suara (tipe 5) untuk 6 orang dewasa. Asyiknya, nih, masing-masing kamar punya private pool.