4 Tim Andalan E-Sport Berebut Piala Gubernur Jawa Tengah di Atrium Solo Grand Mall

126

Soloevent.id – Grand Final E-Sport Piala Gubernur Jawa Tengah digelar di Atrium Solo Grand Mall, Sabtu (1/10/2022). Ini merupakan pertama kalinya Pemerintah Provinsi menggelar turnamen e-sport yang mempertandingkan gim lokal, yaitu Lokapala. Lokapala sendiri merupakan game e-sport pertama dari Indonesia yang terinspirasi dari budaya daerah.

Lokapala menceritakan tentang ksatriya Lokapala baru bernama Surya Kusuma. Hal ini terinspirasi dari sosok Mangkunegara I sebagai sultan dan raja pertama di istana Mangkunegara. Tokoh yang mempunyai nama asli Raden Mas Said ini sangat disegani oleh masyarakat atas kegigihannya melawan VOC.

Pada tahun 1983 pemerintah mengangkat beliau sebagai pahlawan nasional dan diberikan penghargaan Bintang Mahaputra. Pengenalan Surya Kusuma ini menambah jajaran sosok panutan pahlawan Nusantara yang diharapkan dapat menginspirasi generasi muda.

Event turnamen e-sport mempertandingkan 4 tim jawara. Mereka adalah Lightowl, UMU Esports, Pulgantory dan Lokapala Hiro. Para tim berasal dari Team Lokapala Hiro dari SMA 1 Kota Tegal, Umu Esport dari SMA 3 Kota Tegal, LightOwl dari SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal dan Pulgantory dari SMA AL Islam 1 Surakarta.

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Tengah Rina Retnaningrum mengatakan, “Semakin banyak pengguna gadget dan media sosial, e-sport menjadi tren anak muda.  E-sport merupakan olahraga pintar yang akan makin berkembang di masa depan. Mereka bisa menyalurkan bakat keterampilan. Bahkan secara nasional, e-sport sudah menjadi cabang olahraga. Saat ini Pemprov sudah mendukung perkembangan e-sport. Di antaranya pada Juni 2020 Pemprov menyelenggarakan Piala Gubernur untuk Mobile Legend yang diikuti 1.024 tim. Dari total itu, 815 tim,” ujarnya mewakili Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Atrium Solo Grand Mall.