Friday, October 3, 2025
spot_img
HomeBisnis3 Cara Creative Branding

3 Cara Creative Branding

Published on

- Advertisement -spot_img

3 cara branding produk himakom fisip uns

Sebuah brand akan terlihat bernilai ketika mempunyai daya pikat tinggi. Bagi suatu produk, membuat orang jatuh cinta kepadanya ibarat tidak semudah membalik telapak tangan. Perlu strategi-strategi khusus agar brand banyak dikenal dan dikonsumsi khalayak luas.

Berkenaan dengan itu, Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (HIMAKOM FISIP UNS) Surakarta mengadakan Seminar Kreatif Nasional dengan tajuk “Brandstorm”, Rabu (26/3/2015) di Ruang Seminar FISIP UNS.

Kegiatan yang merupakan rangkaian acara Creation Festival #3 itu menghadirkan dua pembicara dari agensi-agensi komunikasi terkemuka di Indonesia, yakni Sarah Diana Oktavia (Senior Copywriter Saatchi & Saatchi Idonesia) dan Indira Abidin (Associate Director Fortune PR)

Sarah menuturkan bahwa dalam proses creative branding,  Ada 3 Cara branding produk agar produk kita disukai masyarakat.

Pertama, connect emotionally. Kedekatan emosional antara konsumen dan produk dapat menimbulkan loyalty beyond reason. “Kita bisa belain satu brand, walaupun kita tidak dibayar,” jelasnya. Ia menambahkan, walaupun barang tersebut mahal, tapi jika sudah ada kecintaan, konsumen tidak akan ragu untuk membelinya.

Kedua, be true. Brand harus jujur terhadap apa yang dijual. Ketiga, be unique. Produsen harus pintar dalam memunculkan keunikan brand-nya. Pengemasan iklan maupun tampilan produk yang unik, dapat menonjolkannya di antara produk-produk sejenis yang ada di pasaran.

Di kesempatan itu dibahas pula city branding. Dalam pemaparannya, Indira mencontohkan kehebatan Dinas Pariwisata Queensland, Australia, yang membuat program “The Best Job in the World: Island Caretaker” guna mempromosikan Great Barrier Reef.

Dari studi kasus itu, Indira menarik kesimpulan bahwa ada langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mempromosikan kota. Di antaranya adalah kerjasama antarpihak lokal, pengiklanan, hubungan dengan media, kerjasama dengan agensi dari berbagai negara dan organisasi-organisasi terkai, promosi secara daring, serta advokasi.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Artikel Populer

Artikel Terbaru

The Sunan Hotel Solo Gelar Event Wedding Showcase, Tawarkan Pilihan Paket Pernikahan Impian

Soloevent.id - Hari pernikahan adalah momen paling berharga yang dinantikan setiap pasangan. Sementara untuk...

Float hingga Efek Rumah Kaca Ramaikan Solo City Jazz ke-13 di Pamedan Pura Mangkunegaran

Soloevent.id - Solo City Jazz ke-13 kembali digelar pada 27 September 2025 dengan menghadirkan...

Solo City Jazz 2025 Hadirkan Musisi Local Pride Solo

Soloevent.id - Kota Solo tidak pernah sepi event seru setiap bulannya. Sabtu (27/9/2025) terdapat...

More like this

The Sunan Hotel Solo Gelar Event Wedding Showcase, Tawarkan Pilihan Paket Pernikahan Impian

Soloevent.id - Hari pernikahan adalah momen paling berharga yang dinantikan setiap pasangan. Sementara untuk...

Run Sport Tourism Jadi Tren yang Digandrungi Masyarakat Indonesia

Soloevent.id - Tren Wisata olahraga lari kini makin populer dan digandrungi masyarakat Indonesia. Hampir...

Event Para Fencing World Cup 2025 Sukses Digelar di Kota Solo

Soloevent.id - Kota Solo sukses menggelar event kejuaraan internasional Para Fencing World Cup 2025...