23 C
New York
Sunday, July 21, 2024

Buy now

spot_img

Mencicipi Ragam Kuliner Nusantara di Solo Indonesia Culinary Festival 2023

Soloevent.id – Solo Indonesia Culinary Festival (SICF) kembali digelar di Kota Solo (9-12/3/2023) di Halaman Benteng Vastenburg. Acara ini digadang-gadang menjadi event kuliner terbesar di Indonesia. SICF sendiri merupakan event rutin yang selalu digelar untuk para pecinta kuliner di Kota Solo. Tahun ini menjadi tahun ke-8 diselenggarakannya event SICF.

Opening Ceremony Solo Indonesia Culinary Festival 2023 resmi dibuka oleh Wakil Walikota Solo Teguh Prakosa, Kamis (9/3/2023) pukul 19.00 WIB. Acara juga ditandai dengan pembakaran sate secara simbolis. Kuliner sate dipilih karena sate merupakan kuliner khas dari Kota Solo.

Ketua Panitia SICF 2023, Daryono menjelaskan, “Tahun ini SICF menghadirkan kuliner utama sate. Kami membagikan ribuan sate kepada pengunjung. Bedanya dengan tahun lalu, kami juga menghadirkan ragam kuliner nusantara seperti kuliner dari Provinsi Belitung, Provinsi Bali, Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Jepara,” ujarnya.

Tema SICF 2023 tentang Ragam Cita Rasa Kuliner Nusantara Bukti Kebhinekaan Bangsa dengan menghadirkan berbagai kuliner nusantara. Enggak hanya kuliner khas Solo, ada juga kuliner dari stan Provinsi Belitung yaitu Sambal Lingkong sejenis abon yang terbuat dari ikan.

Stan Provinsi Jepara juga menyediakan kuliner Sop Adon-Adon Coro. Lalu, Provinsi Bali menyediakan kuliner sate lilit dan sambal khas Bali yang dibagikan gratis kepada pengunjung saat pembukaan acara. Dari Provinsi Sumatera Selatan menyediakan kopi khas Palembang.

Gong acara SICF 2023 dengan pembagian 10.000 tusuk aneka sate kepada pengunjung. Salah satu pengunjung Arif mengatakan, “Saya baru pertama datang ke acara ini. Tadi mencicipi sambal khas Bali. Ini baru mau ikut bakar sate juga,” ujarnya sambil membawa 2 tusuk sate ditangan.

Para pengunjung lainnya langsung menyerbu area pembakaran sate yang sudah disiapkan panitia. Acara Solo Indonesia Culinary Festival 2023 masih berlangsung hingga tanggal 12 Maret 2023 mulai pukul 18.00 WIB di Halaman Benteng Vastenburg.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
21,900SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles