Friday, October 18, 2024
spot_img
HomePameranKarya-Karya Inovatif Mahasiswa UNS Surakarta Dipamerkan

Karya-Karya Inovatif Mahasiswa UNS Surakarta Dipamerkan

Published on

spot_img
spot_img

Soloevent.id – Memeriahkan Dies Natalis ke-44, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Pameran Produk Inovatif di Danau UNS Surakarta, Jumat-Sabtu (13-14/3/2020).

Seperti judulnya, event ini memamerkan karya-karya mahasiswa dari beragam fakultas. Salah satunya Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang memamerkan produk berupa Material Karbon Magnetik, Batik Anatomi, Hidrogel, dan Kultur Anggrek.

Produk-produk itu merupakan inovasi dari Program Studi Biologi. “Produk-produk tersebut kami buat untuk bisa dimanfaatkan, seperti Hidrogel ini kami membuat tanaman dengan media hidrogel,” ujar Naila, salah satu mahasiswa yang ikut membuat karya.

Hidrogel berfungsi menyerap dan menyimpan air serta nutrisi untuk tanaman dalam jumlah besar. Hidrogel dapat terurai melalui pembusukan oleh mikroba, sehingga produk ini aman digunakan. Tanaman dengan media Hidrogel ini bisa tumbuh seperti tanaman pada umumnya.

Lain lagi dengan Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang mengembangkan mobil gokart. Salah satu tim pengembang, Kukuh, mengatakan proyek ini merupakan hasil kerja sama dengan Universitas Pendidikan Indonesia (Bandung). “Kami membuat karya ini selama tiga bulan. Sudah kami uji coba juga dan aman. Saat ini kami sedang mengikutkan karya kami untuk kompetisi,” ujarnya kepada Soloevent, Jumat.



Sementara di stan Fakultas Kedokteran bagian Pulmanologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi, ada sosialisasi tentang virus corona. Pengunjung bisa bertanya tentang bagaimana mengantisipasi virus ini.  Stan ini juga memberikan pengarahan seperti etika saat batuk, cara memakai masker yang benar, hingga cara cuci tangan memakai sabun. Di stan ini, pengunjung juga bisa mengecek kesehatan.

Artikel Populer

Artikel Terbaru

Mengenal Asal Usul Kampung Sondakan Lewat Festival SondakArt

Soloevent.id - Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan Solo, menggelar Festival SondakArt selama empat hari mulai...

Upacara Pembukaan Peparnas 2024 Berlangsung Meriah di Stadion Manahan Solo

Soloevent.id - Upacara Pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024 berlangsung meriah di Stadion Manahan Solo, Minggu...

Rasamadu Heritage Hadirkan ‘Cubic’ Pengalaman Imersif Interaktif Pertama di Solo

Soloevent.id - Rasamadu Heritage atau yang sebelumnya bernama The Heritage Palace, dulunya adalah pabrik...

More like this

Promo Fajar Group di Pameran REI EXPO 2024 : Beli Rumah Bonus Mobil Listrik

Soloevent.id - Pameran properti terbesar di Soloraya bertajuk REI EXPO 2024 digelar di Solo...

Merayakan Hari Musik Nasional 2024, Lokananta Gelar Pameran Bareng Irama Nusantara

Soloevent.id - Lokananta sebagai destinasi cagar budaya musik Indonesia di Kota Solo menyiapkan serangkaian...

Jangan Sampai Lewat, ada Pameran Seni KARTSBA di Museum Tumurun

Soloevent.id - Bagi para pecinta seni khususnya foto dan lukisan, ada sebuah even menarik...