Wah, Prambanan Jazz Hari Pertama Meriah!

183

Soloevent.id – Prambanan Jazz Festival (PJF) 2019 akhirnya dimulai! Walau Jumat (5/7/2019) siang matahari bersinar agak terik, enggak bikin concert goers menepi, mereka malahan mengerubungi dua panggung di area Festival Show, Hanoman Stage 1 dan 2. Dua panggung itu menampilkan artis secara bergantian.

Saat itu Hanin Dhiya sedang perform. Penyanyi berumur 18 tahun itu sempat meng-cover “Don’t You Remember” milik Adele. Dia juga menyanyikan beberapa lagu yang dia tulis sendiri.

Selepas ber­-mellow ria bareng Hanin, penonton diajak berdansa dengan musik-musik retro yang dimainkan Sisitipsi. Band asal Jakarta ini cukup atraktif, apalagi sang vokalisnya, Fauzan Lubis, selalu bergaya dan menari di atas panggung.

Ternyata yang menanti Sisitipsi lumayan banyak. Sewaktu Sisitipsi membawakan hits besarnya, “Alkohol”, penonton langsung ikut nyanyi bareng.

Sepertinya panggung Prambanan Jazz ini cukup prestisius buat band-band yang tampil. Makanya, ada artis yang menampilkan aksi spesial. Jogja Hiphop Foundation (JHF) salah satunya. Di PJF, Marzuki Mohamad dkk. tampil beda. Mereka menggabungkan hip-hop dengan jaz.

“Ini pengalaman pertama kami diiringi jaz. Persiapan kami selama seminggu untuk mengaransemen ulang lagu kami,” kata Marzuki di jeda lagu. Ternyata konsep segar ini direspon positif oleh penonton. “Ternyata main karo jaz wuenak tenan yo,” imbuh salah satu rapper JHF.



Lagu-lagu tenar JHF seperti “Ngelmu Pring”, “Jula Juli Lolipop”, “Cintamu Sepahit Topi Miring”, “Jogja Istimewa” jadi terasa nge-jaz dengan tambahan liukan saksofon dan vokal yang nge-soul.

Jogja Hiphop Foundation menjadi penampil penutup di sesi siang-sore. Setelah jeda Magrib dan Isya, artis-artis yang lagi hangat di kalangan anak muda, misalnya Ardhito Pramono, Danilla, GAC, meraih perhatian besar dari penonton.

Puncak Prambanan Jazz Festival hari pertama adalah penampilan Calum Scott. Dengan suara jernih, penyanyi asal Inggris itu membawakan lagu-lagunya, antara lain “Stop Myself (Only Human)”, “Hotel Room”, “Give Me Something”, “No Matter What”, dan tentu saja “You are the Reason”.