Solo Great Sale 2022 Targetkan Transaksi 1,3 Triliun Rupiah

116

Soloevent.id – Solo Great Sale (SGS) akan kembali digelar pada 25 Oktober hingga 30 Oktober 2022 dan untuk tahun ini telah memasuki periode ke-8. Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Surakarta yang jadi panitia kegiatan ini memilih bulan tersebut sebagai waktu gelaran SGS dengan alasan sudah low season daripada November atau Desember.

Dalam gelaran tersebut Kadin juga memasang target transaksi sebanyak Rp1.3 triliun atau lebih tinggi dari tahun sebelumnya Rp1,1 triliun. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Panitia SGS 2022 Farid Sunarto saat mengadakan rapat pleno panitia beberapa waktu lalu di kantor Kadin Surakarta.

Selain pihak Kadin sendiri, rapat pleno ini juga dihadiri oleh beberapa wakil lembaga lain seperti Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta, Bank Indonesia Solo, dan asosiasi beserta steak holder lainnya.

Upaya Untuk Mencapai Target

Pada kesempatan tersebut Farid menyatakan, agar target Rp1,3 triliun dapat tercapai, tentu harus ada tambahan dan peningkatan nilai transaki. Berdasarkan alasan ini pula menurut informasi dari Solopos, panitia akan berusaha menambah dan memperluas jangkauan perserta baik dari segi pedagang dan pembeli.

Selain itu pihaknya akan semakin fokus pada sistem pembayaran nontunai atau digital, khususnya melalui QRIS. Terkait dengan hal ini, pada 4 September 2022 lalu Bank Indonesia Solo meluncurkan program Sehat, Inovatis, dan Aman Pakai (SIAP) QRIS Solo Raya. Ini merupakan wujud dukungan dari Bank Indonesia atas penyelenggaraan SGS 2022.

Sementara itu Sekretaris panitia SGS David R Wijaya ikut menerangkan, pelaksanaan agenda ini mempunyai tujuan utama meningkatkan perekonomian khususnya saat low season. Sedangkan langkah yang bisa ditempuh selain menaikan nilai transaksi adalah dengan mendatangkan sebanyak mungkin wisatawan ke Kota Solo.

Menurut David, jika banyak wisatawan yang datang ke Solo maka tingkat hunian atau okupansi hotel akan ikut terdongkrak naik. Selanjutnya yang lebih penting lagi, pusat belanja jadi lebih ramai dengan adanya kunjungan para wisatawan tersebut. Termasuk objek-objek wisata dan tempat kuliner.

Kemudian agar wisatawan semakin tertarik berkunjung ke Solo, maka diadakan SGS berupa penawaran diskon kepada siapa saja yang menginap di hotel dan belanja aneka produk di Solo. Bukan itu saja, untuk menambah daya pikat gelaran ini, panitia telah menyediakan hadiah-hadiah menarik seperti mobil dan rumah.

Diskon Tiket Kereta Api

Bukan itu saja, selama gelaran SGS berlangsung, ada beragam diskon lain yang tidak kalah menarik misalnya tiket kereta api. Menurut keterangan dari website resmi SGS, potongan harga ini diberikan pada para penumpang kereta api yang punya tujuan dan pemberangkatan di Stasiun Solo Balapan.

Melalui beberapa persyaratan khusus, penumpang dapat memperoleh potongan harga sebanyak 10% harga dari harga normal. Beberapa diantaranya yaitu Argo Lawu, Argo Dwipangga, Lodaya, Senja Utama Solo, Fajar Utama Solo, Mataram, dan Sancaka.