Tahun 2022, Kawasan Ngarsopuro dan Jl. Gatot Subroto Akan Kembali Ditata

223

Soloevent – Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan pada tahun 2022 akan ada penataan kembali kawasan Ngarsopuro dan seputaran Jl. Gatot Subroto, khususnya di area Singosaren. Menurutnya, Detail Enginering Design (DED) atas proyek ini sudah selesai dikerjakan, sehingga pada bulan Januari nanti bisa dilaksanakan tender.

Event Goers, Gibran juga menegaskan bahwa proyek tersebut sudah masuk ke dalam pembahasan bersama dengan Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perubahan Rakyat (PUPR). Beberapa waktu lalu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Gibran memang pernah meninjau kawasan ini.

Putra sulung dari presiden Joko Widodo ini menginformasikan pula penataan tersebut tak akan meniru Malioboro Yogyakarta atau Singapura. Sebelumnya memang sempat beredar kabar jika penggarapan proyek ini menjadikan keduanya sebagai contoh dan kali ini Gibran mengeluarkan bantahannya.

Menurut keterangan dari Solopos, saat bertemu dengan wartawan Gibran mengatakan pula penataan ini akan terintegrasi secara langsung dengan Pura Mangkunegaran yang lapangannya digunakan sebagai area parkir.

Sehingga para pengunjung yang datang dapat jalan kaki dari tempat parkir tersebut ke Ngarsopuro atau naik kendaraan listrik yang telah disiapkan sebagai feeder. Sesuai rencana, program tersebut berjalan selama setahun dan sumber pendanaannya berasal dari APBN.

Melalui penataan ini, para pedagang kaki lima (PKL) dan pelaku UMKM bisa jualan di kawasan tersebut. Penentuan pedagangnya maupun produknya didasarkan atas hasil kurasi dari Pemkot Surakarta. Sedangkan peralatannya, bisa menggunakan tenda atau gerobak dan media semi permanen lainnya.

Pihak Pura Mangkunegaran sendiri juga telah mengetahui hal ini, sesuai pernyataan dari GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo selaku pengelola objek wisata tersebut. Pria muda yang sering disebut sebagai salah satu calon pengganti Mangkunegara IX ini mengaku sudah bertemu dengan Gibran untuk membicarakan proyek tersebut.

Bahkan dalam pembicaraan itu, dibahas pula masalah lain sehubungan dengan proses revitalisasi komplek Pura Mangkunegaran yang hingga saat ini masih berjalan. Pada akhir bulan Desember 2021 nanti, diharapkan revitalisasi ini bisa selesai.

Selain kawasan Ngarsopuro dan Jl. Gatot Subroto, Gibran masih mempunyai rencana lain untuk menata Taman Balekambang. Cakupannya antara lain kolam ikan, taman reptil hingga lansekap. Hanya saja program ini baru bisa dijalankan pada tahun-tahun berikutnya.

Sebelumnya, Ngarsopuro telah dikenal sebagai tempat untuk menggelar pasar malam yang diadakan tiap hari Sabtu malam. Dalam gelaran ini wisatawan bisa menyaksikan dan belanja berbagai kerajinan hasil produksi UMKM Surakarta. Tapi dengan adanya kasus pandemi Covid-19, agenda rutin ini ditiadakan.

Kemudian setelah terhenti selama lebih dari satu setengah tahun, Gibran ingin menata kawasan tersebut kembali dengan konsep baru. Harapannya tentu saja agar bisa tampil secara lebih cantik dan makin banyak wisatawan yang tertarik datang ke tempat ini.