Rayakan Hari Wayang Dunia, 42 Dalang Ramaikan ISI Surakarta

1746

Soloevent.id – Hari Wayang Dunia (HWD) diperingati setiap tanggal 7 November. Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta bakal merayakannya selama tiga hari berturut-turut.

Tema perayaan tahun ini adalah “Ayo Ndalang: Wisata Budaya Wayang Anut Jaman Kelakone”. Ketua Panitia Hari Wayang Dunia 2019 Suyanto mengatakan tema tersebut diambil sebagai simbol untuk memajukan budaya. “’jaman kelakone’ mempunyai maksud bahwa ini eranya milenial, jadi dalam pementasan nanti banyak pemain muda yang akan tampil,” ujarnya saat ditemui Soloevent di Kantor Dosen Jurusan Pedalangan ISI Surakarta, Rabu (23/10/2019).

Di ISI Surakarta, HWD 2019 bakal diadakan di tiga tempat, yaitu Pendapa Ageng GPH Joyokusuma, Teater Besar Gendhon Humardani, dan Teater Kecil ISI Surakarta. HWD ke-5 ini bakalan menampilkan 42 dalang dari Solo Raya. Dalang-dalang tersebut akan menunjukkan kepiawaiannya memainkan wayang dari berbagai daerah. Tidak hanya dalang muda, ada juga dalang cilik dan dalang perempuan yang tampil. Puncak acara akan menampilkan dalang senior dari Klaten.

Selain menampilkan pertunjukan wayang, bakal digelar juga seminar nasional dengan pembicara Dr. Lono L. Simatupang (Universitas Gajah Mada), Ki Purbo Asmara (ISI Surakarta). Seminar diadakan 4 November 2019 di Teater Besar Gendhon Humardani.

Sehari sebelumnya, ISI Surakarta juga bakalan mengadakan lomba mewarnai untuk anak-anak sekolah di Pendhapa Ageng mulai pukul 08.00. Kegiatan ini bakal dimeriahkan oleh pertunjukan wayang Ki Sugiyono.

Di Pendapa Ageng juga akan dilaksanakan Pameran Seni Rupa Nasional selama berlangsungnya HWD 2019. Ada pameran karya wayang dari berbagai daerah di Indonesia dan Australia.



Suyanto berharap event ini bisa menjadi inovasi dan konservasi wayang di Indonesia. “Karena di sini tidak hanya tentang pertunjukan wayang saja, tapi juga ada perajin wayang dan penulis wayang,” tuturnya.

Kamu mau menonton event ini? Perayaan Hari Wayang Dunia di ISI Surakarta diselenggarakan tanggal 4-6 November 2019 mulai pagi hingga malam. Acara ini merupakan agenda rutin tahunan yang selalu digelar sejak tahun 2015.