Ni Wayan Ratrina: Dulu Mengejar, Sekarang Dikejar

209

Soloevent.id – Ada sebuah ungkapan: “carilah pekerjaan yang kamu suka, maka kamu akan bahagia”. Itulah yang terjadi dalam karir Ni Wayan Ratrina. Sejak 2015, perempuan yang kerap disapa Ina itu menjabat sebagai Public Relation Solo Grand Mall.

Sebelumnya, Ina lebih dulu terjun di dunia jurnalistik. Setelah menyelesaikan studinya di D3 Broadcast, dia menjadi wartawan di sebuah koran lokal. Karena dirasa cukup melelahkan ditambah harus melanjutkan studi S1-nya, Ina hanya bertahan tiga bulan.

Namun, sepertinya Ina belum kapok bekerja di media. Dari koran, dia pindah ke radio selama setahun. Kemudian dia mendapat tawaran untuk bekerja di dunia televisi. Dia melakoninya selama lima tahun.

Perempuan kelahiran Solo, 31 tahun yang lalu itu akhirnya menyudahi karirnya sebagai wartawan. Akhir tahun 2015, Ina berlabuh ke Solo Grand Mall sebagai Public Relation (PR). Keputusan itu diambil karena dia telah memiliki anak, sehingga memerlukan pekerjaan dengan jam operasional yang pasti.

“Saya itu selalu enjoy kalau sudah suka sama pekerjaan saya, makanya bisa bertahan sampai lima tahun di dunia pertelevisian dan akhirnya jadi zona nyaman. Sampai akhirnya saya punya suami dan anak, saya harus cari pekerjaan lain karena di media jam operasionalnya tidak pasti,” ungkap alumnus Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret Surakarta itu saat berbincang di Radio Sevent, 10 Juli 2019.

Berpengalaman sebagai wartawan, ternyata menguntungkan Ina sebagai PR. Kebetulan, saat itu, Ina menggarap rubrik Ekonomi-Bisnis. Ia sudah paham tentang pertanyaan-pertanyaan yang akan dilontarkan wartawan. “Tanpa mereka tanya, saya sudah bisa jawab duluan karena saya sudah tahu materi pertanyaan mereka,” ungkapnya.



Ina menceritakan bagian yang agak menggelikan adalah saat ia harus berhadapan dengan rekan-rekan yang sama, yang pernah satu lapangan dengannya.  “Kalau dulu waktu jadi wartawan sering mengejar-ngejar PR untuk meminta keterangan atau pernyataan, sekarang giliran saya yang dikejar-kejar,” ujarnya sambil tersenyum.