Melalui GoART GoSolo, Terbuka Pintu Langkah Menuju Harapan Tanpa Batas

560

Soloevent.id – Sejak Jumat 5 November hingga Jumat berikutnya 12 November 2021 kemaren, ada event dengan skala cukup besar di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT). Event Goers, gelaran yang berlangsung selama sepekan penuh dari pukul 10:00 pagi hingga 20:00 malam ini diselenggarakan oleh Kelompok Termors 85.

Termos 85 merupakan sebuah komunitas perupa yang secara rutin setiap tahun secara rutin selalu mengadakan pameran seni. Setelah sempat vakum karena adanya pandemi, mereka kembali aktif dan memilih TBJT sebagai lokasinya. Acara tersebut adalah lanjutan dari acara serupa yang sebelumnya digelar di Leman Art, Yogyakarta.

Pembukaan pameran

Dalam acara bertajuk GoArt GoSolo tersebut, peresmiannya dilakukan oleh Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Ida Juanita yang menjabat sebagai Direktur Badan Otorita Borobudur (BOB). Selain itu gelaran ini bisa terlaksana atas kerja sama antara BOB, Bank Indonesia (BI), SKA, SoloArtoz dan BPR UMKM.

Event Goers, yang berperan sebagai kurator pada pameran ini adalah Erwan Widyarto dan Hajar Pamadhi. Jumlah pesertanya juga sangat banyak mencapai 50 orang perupa. Mereka tidak hanya berasal dari komunitas Termos 85 saja, tapi juga beberapa perupa tamu.

Diikuti oleh istri Menteri Agama

Eny Yaqut Cholil yang merupakan istri dari Menteri Agama ke-24, K.H. Yaqut Cholil Qoumas, ikut memeriahkan acara ini melalui karya terbaiknya. Demikian pula Erwan Widyarto dan Hajar Pamadhi yang juga ikut jadi peserta. Selain itu tidak sedikit pula ada peserta lain yang menampilkan beberapa buah karya sekaligus.

Dalam pameran tersebut Event Goers, Eny Yaqut Cholil memamerkan lukisan dengan tema hewan dan tumbuhan. Eny yang dahulu kuliah di Institur Teknologi Bogor (IPB) mengatakan bahwa latar belakang pendidikannya telah membuat dirinya lebih tertarik mengambil tema flora atau fauna.

Dalam event ini pula, pelukis aliran realis ini menghadirkan lukisan burung hantu. Menurutnya, hewan tersebut merupakan simbol dari inspirasi, pengetahuan sekaligus ketenangan. Selain itu dia juga merasa sangat senang bisa bergabung bersama perupa lainya di gelaran GoArt GoSolo.

Pameran karya seni yang sangat istimewa

Sementara itu Event Goers, Teguh Prihadi selaku ketua panitia mengungkapkan rasa senang dan bahagianya atas tersenggaranya acara itu. Terlebih mengingat jika dirinya sudah lama tidak berjumpa dengan teman-teman sesama perupa dan kali ini jumlah peserta yang ikut sangat banyak.

Perasaan yang tidak jauh berbeda juga diungkapkan oleh Erwan Widiyarto dan Hajar Pamadhi. Mereka menyatakan apabila GoArt GoSolo merupakan pameran karya seni yang sangat istimewa. Bahkan mampu menjadi wujud dari harapan, kehidupan dan imajinasi serta berkarya tanpa batas.

Sebelumnya Event Goers, pada hari pembukaan Erwan telah menyatakan jika GoArt adalah momen terbaik untuk bangkit dan berkarya. Selain itu yang tidak kalah penting Soloevent ini membuat para perupa jadi lebih rukun dan dapat membantu mendorong kebangkitan ekonomi kreatif dan industri wisata.