Mangkunegaran Jazz Festival Umumkan Konsep Acara

0
137

Soloevent.id – Kamu sudah menunggu Mangkunegaran Jazz Festival? Kabar baik buatmu, Mangkunegaran Jazz Festival diadakan 30 Maret 2019 mendatang.

 Event yang digelar oleh Puro Mangkunegaran ini merupakan festival musik jaz pertama yang diselenggarakan oleh kerajaan di Jawa. Mangkunegaran Jazz Festival adalah gambaran akulturasi budaya modern dan tradisional.

Selain pertunjukan musik jaz, akan ada juga pameran seni Puro Mangkunegaran, workshop kesenian, instalasi seni, dan 70 booth kuliner.

Pada 24-25 November 2018 lalu, telah digelar Road to Mangkunegaran Jazz Festival yang dihadiri 10-15 ribu penonton. Di puncak acaranya, Mangkunegaran Jazz Festival bakal diramaikan musisi nasional hingga internasional.

Salah satunya adalah Lianne La Havas. Penyanyi asal Inggris itu sudah punya dua album, yaitu Is Your Love Big Enough? dan Blood dengan hits single “Unstoppable”. Sementara musisi nasional yang akan tampil yaitu D’Masiv (membawakan lagu lama secara jaz), Ardhito Pramono, Eva Celia, Jordy Waelauruw featuring Tommy Pratomo, dan komunitas musik jaz dari Solo.

Founder Mangkunegaran Jazz Festival G.P.H. Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo mengatakan festival jaz ini bakalan memasukkan unsur budaya Jawa. “Nantinya ada pertunjukan kebudayaan. Untuk pertunjukan kebudayaan akan menampilkan tarian dari sanggar tari Kinarya Soerya Soemirat. Dengan acara ini kami ingin meningkatkan pariwisata di Solo terutama Puro Mangkunegaran agar lebih dikenal luas,” terangnya dalam jumpa pers di Pendhapa Puro Mangkunegaran, Rabu (13/3/2019).



“Serat Waragasa (Jiwa, Raga dan Rasa)” dipilih sebagai tema festival. Acara ini juga punya ikon yaitu Adipati Karna. Panggung akan digelar di Lapangan Kavallerie-Artillerie Pamedan Puro Mangkunegaran. Yang enggak kalah menarik, Mangkunegaran Jazz Festival bakal diramaikan dengan Festival Kain Nusantara.

Konser musik ini terbuka untuk umum dan tanpa dipungut biaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here