Solo Grand Mall Adakan Pelatihan Damkar, Wujud Sigap Atasi Kebakaran

81

Manajemen Solo Grand Mall merangkul seluruh elemen mitra kerja dan para tenantnya untuk melakukan simulasi penanganan bencana kebakaran pada hari Rabu, 19 Oktober 2022 pukul 08.00 WIB di Rooftop Lantai 5 Solo Grand Mall. Agenda ini menjadi upaya pihak pengelola mall guna menanamkan kewaspadaan serta pengetahuan kepada para karyawan dan seluruh pelaku usaha di mall berkenaan dengan penanganan yang baik dan benar terhadap potensi bencana kebakaran. Pelatihan ini dipandu langsung oleh Koordinator Lapangan Top Guard Jawa Tengah, Yohanes Setiawan. Berbagai metode pemadaman kebakaran darurat disosialisasikan oleh Yohanes kepada para peserta pelatihan yang tidak lain merupakan perwakilan dari masing-masing tenant dan mitra kerja Solo Grand Mall. Sosialisasi kemudian dilanjutkan oleh praktek pemadaman melalui beberapa media diantaranya Alat Pemadam Api Ringan (APAR), kain basah dan Hydrant.

Rika Bintarawati, selaku Pengawas Outsourcing Solo Grand Mall menyatakan bahwa pelatihan semacam ini menjadi agenda wajib yang rutin dilaksanakan sebanyak 2 kali setiap tahunnya oleh manajemen mall dalam rangka antisipasi pada musibah kebakaran. “Untuk tahun ini kami mulai mengedukasi kembali para mitra kerja, pihak manajemen serta tentunya para tenant terkait penanganan kebakaran. Di tahun sebelumnya akibat pandemi, pelatihan ini belum sempat dilaksanakan lagi.” Ujarnya.

Pelatihan ini menjadi perhatian tersendiri oleh pihak manajemen sebab berkaitan dengan keselamatan para tenaga kerja, karyawan tenant, dan tentunya pengunjung mall yang selama ini menjadi prioritas bagi pengelola Solo Grand Mall.  “Dengan adanya pelatihan damkar ini, seluruh elemen mall diharapkan mampu menguasai kondisi tanpa harus panik serta dapat lebih tanggap dan paham benar dengan tindakan darurat yang perlu dilakukan ketika menghadapi peluang bencana kebakaran di area mall kami.” terang Irenika Kusumaningrum, Public Relations Solo Grand Mall.