Makhluk Mitos dari Jawa Tengah Diangkat ke Layar Lebar

1363

Soloevent.id – Berbarengan dengan Halloween, Starvision mengeluarkan film horor terbarunya berjudul Lampor: Keranda Terbang. Film yang dibintangi Dion Wiyoko dan Adinia Wirasti ini diangkat dari urban legend yang banyak berkembang di Jawa Tengah.

Dion Wiyoko mengatakan film ini dicuplik dari pengalaman sang sutradara, Guntur Soeharjanto, yang merupakan putra daerah Temanggung, tempat film ini dibuat. Semasa Guntur kecil, lampor digunakan oleh orang tua untuk menakut-nakuti anak supaya tidak keluyuran di waktu malam.

Di film ini, lampor digambarkan menyerupai malaikat pencabut nyawa. Sosoknya besar mengerikan, hitam, matanya berwarna merah, dan selalu membawa keranda terbang. “Itu adalah versinya Mas Guntur. Karena setiap orang, kan, punya versinya sendiri-sendiri tentang gambaran sosok lampor, jadi tidak ada wujud tepatnya seperti apa,” jelas Dion saat jumpa pers di The Park Mall, Kamis (31/10/2019).

Proses syuting dilakukan pada Februari-Maret. 80% film ini dibuat di Temanggung, sisanya dilakukan di Kendal.

Dion menambahkan Lampor merupakan film horor yang tidak sekadar memberikan jump scare, tapi juga memberikan pengertian soal arti penting sebuah keluarga.

Bagi Dion, Lampor adalah film horor ketiganya. Biar aktingnya mulus, Dion banyak berdiskusi bareng sutradara, kru, maupun lawan mainnya. Film Lampor ini menjadi reuni antara Dion dan Adinia. Mereka kembali berperan sebagai suami-istri. “Kami pernah berkolaborasi di Cek Toko Sebelah dan di sinilah tantangannya di mana kami harus memberikan suasana baru dari peran kami sebelumnya,” tutur Dion.



Kamis sore, enam pemain Lampor: Dion Wiyoko, Angela Livie, Bimasena, Annisa Hertami, Dian Sidik, dan Rendra Bagus Pamungkas mengadakan cinema visit ke Cinema XXI The Park Mall. Film berdurasi 1 jam 35 menit ini bisa kamu tonton mulai 31 Oktober 2019.