Jadi Dalang Karena Panggilan Hati

144

Soloevent.id – Sebanyak 23 dalang cilik dari berbagai daerah unjuk keterampilan di Kota Solo. Mereka tampil di acara Festival Dalang Cilik Nasional 2019, Selasa-Rabu (5-6/11/2019), di Pendhapa Balai Kota Surakarta. Banyak dari dalang cilik merupakan binaan sanggar seni.

Setiap peserta wajib memainkan wayang purwa gaya Surakarta selama 30-40 menit. Para peserta dibagi dalam dua grup berdasarkan usia, yaitu grup A (8-11 tahun) dan grup B (12-15 tahun).

Grup B berpentas di hari pertama. Salah satu yang beraksi adalah Arya Sasikirana asal Surabaya, Jawa Timur. Siswa SMP yang merupakan anggota Sanggar Baladewa ini bilang dirinya belajar mendalang sejak kecil. Dia diajari oleh ayahnya yang juga seorang dalang.

Memainkan lakon “Dasamuka Lena”, Arya tampil penuh semangat selama 40 menit. Kepada Soloevent, dia mengaku tidak ada persiapan khusus karena pertunjukannya ini bagian dari latihan rutin yang dilakukannya sehari-hari.

Kemudian ada Radipta Husein Asrori asal Karanganyar, Jawa Tengah. Dalang cilik yang akrab disapa Husein ini mengatakan sering menonton YouTube dan datang langsung ke lokasi pementasan wayang kulit untuk belajar mendalang.

Husein kepingin menjadi dalang karena hatinya terpanggil untuk melestarikan budaya Indonesia. Dia berharap anak-anak seumurannya bisa memiliki niat yang sama agar budaya lokal, khususnya wayang, terus lestari.



Festival Dalang Cilik Nasional 2019 merupakan event perdana yang diadakan Pemerintah Kota Surakarta melalui Dinas Kebudayaan Surakarta. Kinkin berharap lewat acara ini banyak kaum milenial yang mulai memberikan apresiasi kepada kebudayaan lokal, terutama wayang.