Ini Dia Event Kota Solo Bulan September 2018

0
3272

Soloevent.id – Pemerintah Kota Solo bakal menggelar sebelas event di bulan September 2018 ini. Apa saja event Kota Solo bulan September 2018 tersebut? Baca tulisan ini sampai selesai, ya.

Festival Bocah Dolanan

Tanggal: 1-2 September
Tempat: Taman Sriwedari

Di era serba gadget ini, mungkin sudah jarang menemui anak-anak yang bermain permainan tradisional. Nah, di event ini kamu bisa menonton keceriaan anak-anak bermain dolanan bocah yang ditampilkan dalam konsep pertunjukan.

Festival Bocah Dolanan diikuti oleh anak-anak dari berbagai sanggar tari dan sekolah dasar di Kota Solo. Acara ini digelar untuk melestarikan permainan tradisional.

Solo International Performing Arts (SIPA)

Tanggal: 6-8 September
Tempat: Benteng Vastenburg

Pertunjukkan seni kelas dunia bakalan diadakan lagi di Kota Solo. Di edisi satu dasawarsanya ini, SIPA akan diikuti oleh seniman-seniman dari sebelas negara, di antaranya Indonesia, Zimbabwe, Amerika Serikat, Spanyol, dan lain-lain. SIPA 2018 bisa kamu tonton secara gratis, lo.

Tahun ini, Melati Suryodarmo, seorang seniman performance art asal Solo yang karya-karyanya telah dipentaskan di berbagai negara, ditunjuk sebagai maskot SIPA 2018.

Kirab Malam 1 Sura

Tanggal: 11/12 September
Tempat: Keraton Surakarta

Memperingati datangnya 1 Sura atau 1 Muharam, Keraton Kasunanan Surakarta bakal melangsungkan Kirab Malam 1 Sura. Ciri khas acara ini yaitu adanya kebo bule yang ikut dikirab.  Kerbau yang kerap disebut kebo Kyai Slamet itu ditempatkan di barisan paling depan. Keraton Kasunanan Surakarta juga bakalan mengirab pusaka-pusakanya.

Kirab ini akan dimulai dari keraton. Rutenya biasanya Supit Urang-Jl- Pakoe Boewono-Jl. Jenderal Sudirman-Jl. Mayor Kusmanto-Jl. Kapten Mulyadi-Jl. Veteran-Jl. Yos Sudarso-Jl. Brigjend Slamet Riyadi-Jl. Pakoe Boewono dan finish di Keraton Surakarta.

Kirab Pusakadalem 1 Sura

Tanggal: 11/12 September
Tempat: Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran akan memperingati datangnya malam 1 Sura dengan mengirab pusaka-pusakanya. Pusaka-pusaka itu bakal dikirab mengelilingi komplek Pura Mangkunegaran.

2017 lalu, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti; serta Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo,  turut mengikuti kirab.

Srawung Seni Sakral

Tanggal: 12 September
Tempat: Museum Radyapustaka

Bagi masyarakat Jawa, Sura dianggap sebagai bulan sakral. Nah, untuk memperingatinya, seniman-seniman Solo mengadakan Srawung Seni Sakral.

Event ini kerap menampilkan pementasan-pementasan tari, musik, teater, dan lain-lain.

Kreasi Anak Sekolah Solo (Kreasso)

Tanggal: 13-15 September
Tempat: Benteng Vastenburg

Kreasso merupakan ajang unjuk kreativitas para pelajar di Kota Solo. Acara ini menampilkan performing art, education expo, gallery Kreasso, expo community, dan talk show.

Acara tahunan yang digagas oleh Dinas Pendidikan Kota Solo ini selalu ditunggu-tunggu oleh anak-anak sekolah di Solo.

 



 Semarak Singo Barong

Tanggal: 26-27 September
Tempat: Benteng Vastenburg

Kelompok-kelompok singo barong dari berbagai kota bakal berlomba merebutkan piala bergilir Wali Kota Solo. Selain perlombaan, event ini juga punya misi untuk mencari bibit-bibit pemain reog muda.

Sendratari Ramayana

Tanggal: 21 September
Tempat: Taman Balekambang

Setiap bulan, Kota Solo rutin menggelar Sendratari Ramayana. Sanggar-sanggar tari di Kota Solo dan sekitarnya sering tampil mementaskan lakon yang berbeda-beda.

Di September 2018 ini, lakon yang akan dipentasksan adalah “Kumbakarna Senopati”. Sendratari Ramayana bisa kamu nikmati secara gratis.

Pengajian Akbar Dzikir dan Sholawat Tahun Baru 1440 H

Tanggal: 22 September
Tempat: Balai Kota Solo

Selain yang berbau budaya, event Kota Solo bulan September 2018 juga dimeriahkan dengan event agama.

Sejalan dengan dicanangkannya Solo sebagai Kota Sholawat, untuk memperingati datangnya Tahun Baru Islam, Pemerintah Kota Solo mengadakan pengajian dan selawat yang biasanya dipimpin oleh Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf.

Acara ini kerap dipadati umat muslim.

Solo Pet Expo

Tanggal: 23 September
Tempat: Solo Paragon Mall

Jika mayoritas event Kota Solo bulan September 2018 banyak yang bernuansa budaya, acara tanggal 23 September ini beda. Kalau suka memelihara binatang, mungkin kamu bisa mampir ke Solo Pet Expo 2018. Di event ini, para pencinta binatang dapat menyalurkan hobi dan saling bertukar informasi.

Untuk memeriahkan acara, Solo Pet Expo juga kerap mengadakan aneka lomba dan aksi kesehatan untuk hewan-hewan peliharaan.

Solo City Jazz

Tanggal: 29-30 September
Tempat: Benteng Vastenburg

Kamu suka mendengarkan jaz?  Pergelaran musik jaz terbesar di Kota Bengawan bakal hadir lagi, nih, tahun ini. Yap, Solo City Jazz bakalan menutup event Kota Solo bulan September 2018.

Event ini acapkali mendatangkan musisi-musisi Tanah Air, contohnya Fariz RM, Tompi, Gugun Blues Shelter, Dian Pramana Putra, dan banyak lagi. Kira-kira siapa, ya, yang bakalan manggung di Solo City Jazz 2018?

Nah, itu tadi event Kota Solo bulan September 2018. Kamu mau nonton yang mana?

Baca Juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here