Hologram Pertama Di Smaracatur Bunkasai

956

14-SMARACATUR-BUNKASAI-VII

Smaracatur Bunkasai merupakan Festival tahunan yang diselenggarakan di SMA Negeri 4 Surakarta menjadi event yang ditunggu-tunggu. Ini adalah tahun ketujuh festival kebudayaan jepang yang digelar smaracatur otaku club. Festival kebudayaan jepang bunkasai berlangsung heboh dibanding tahun-tahun sebelumnya (22/6).  Festival ini dimulai dari jam 09.00 – 17.00 WIB.

Sesuai dengan tema Smaracatur Bunkasai kali ini yakni “Houkago! Kindergarten Story!” menggambarkan suasana anak kecil yang mengenal sesuatu yang baru, dunia baru. Dan kebetulan event ini menampilkan sesuatu yang baru juga seperti Pertunjukan Hologram Hatsune Miku dari komunitas Tim V. Dekorasi bon odori (ikan-ikanan) dan boneka danbo mengajak kita kembali ke masa kanak-kanak.

Ketua panitia Bunkasai VII, Diandra Pramestisari Pololessy mengatakan bahwa acara Bunkasai ini diisi dengan kebudayaan J-Pop dan kebudayaan tradisional jepang agar anak muda bisa mengenal lebih dekat dengan kebudayaan jepang

. Acara ini dimeriahkan oleh guest star Plan – B Jogja,  Baby’s ways, Dreamatorium, Monkey Circus, Sekazo 4 Semarang, Kyouki Hikari Semarang, dan Tsukuyomi Jogja.Tak hanya guest star yang bisa menghentak-hentak panggung, namun workshop kimono, Ocha (upacara minum teh), dan Kyoodou menarik perhatian pengunjung. Tak jarang para pengunjung berpartisipasi dalam workshop tersebut.

Lomba-lomba yang diselenggarakan oleh panitia tak kalah serunya, seperti lomba makan ramen, menghias bento, mendesain karakter anime,   lomba cosplay, Karaoke Competition, Lomba Mewarnai, OSU! Tournament, Yu Gi-Oh! Tournament, dan Loli Costreet Photo Model with Itasha.

Terdapat 43 stand yang memanjakan mata pengunjung, mulai dari figur anime, jaket tokoh anime, pernak-pernik berbau jepang, dan kaos karakter anime favorit. Tak hanya itu, penikmat kuliner jepang dapat memanjakan lidahnya di berbagai stand makanan jepang seperti takoyaki, onigiri, dan ramen. Stand dari komunitas PERI yang bergelut dibidang papercraft membuat pengunjung terkagum-kagum dengan papercraft rumit seperti robot gundam, istana kyoto, dan karakter anime. Stand Itasha mengundang perhatian banyak perhatian laki – laki. Itasha merupakan komunitas yang mendesain body motor dengan karakter anime yang diidolakan.

Diakhir acara festival bunkasai ditutup dengan flashmob Bon Odori yang diikuti oleh semua pengunjung dan seluruh panitia.