Gibran Ingin Ada Kirab Dalam Event Tinggalan Jumenengan Mangkunegoro X

299

Soloevent.id – Tidak lama lagi, persisnya pada Rabu, 1 Maret 2023 mendatang Pura Mangkunegaran Solo akan menggelar suatu tradisi bertajuk Tingalan Wiyosan Jumenengan Sampeyan Ingkang Jumeneng KGPAA Mangkunegara X yang pertama. Upacara tersebut adalah tanda peringatan satu tahun kenaikan tahta raja di lingkungan Mangkunegaran.

Sehubungan dengan upacara tersebut Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka menelorkan usulan agar dilengkapi dengan event menarik yaitu kirab. Dia bercerita, selama ini belum pernah digelar kirab di peringatan ini oleh raja-raja Mangkunagoro sebelumnya.

Mengenalkan Gusti Bhre dan Tradisi Jumenengan

Gibran berharap melalui kirab tersebut masyarakat jadi lebih kenal dengan Gusti Bhre (panggilan akrab Mangkunegoro X). Selain itu makin banyak yang mengetahui pula ada acara apa saja dalam gelaran jumenengan.

Hanya saja pada sisi yang lain Gibran juga mengaku belum bisa mengetahui apakah usulannya dapat diterima atau tidak oleh pihak Pura Mangkunegaran. Dia menyadari waktunya sudah terlanjur mepet dan rangkaian acara jumenengan sendiri juga sangat padat. Dia menyebutkan biar nanti Gusti Bhre sendiri yang memutuskan.

Kehadiran Presiden Jokowi

Selain itu Gibran mengaku masih menanti konfirmasi hingga pekan depan. Ini terkait dengan dengan rencana kehadiran Presiden Jokowi bersama beberapa menteri untuk menghadiri acara pembukaan Masjid Raya Sheikh Zayed dan upacara jumenengan.

Sebelumnya Mangkunagoro X mengungkapkan, Pura Mangkunegaran selalu berusaha merawat tradisi peringatan jumenengan seperti tahun-tahun sebelumnya. Jikapun ada perubahan atau perkembangan, pasti diinfokan ke masyarakat melalui media sosial.

Pada sisi yang lain, Pengageng Kawedanan Mandrapura Pura Mangkunegaran, KPH Tjuk Susilo menyebutkan, tidak akan ada acara kirab dalam upacara jumenengan. Dia beralasan, selama ini Pura Mangkunegaran sudah menggelar kirab secara rutin setiap peringatan malam 1 sura, yakni Kirab Pusaka Dalem.

Meski demikian dalam rangkaian acara jumenengan tersebut masih terdapat event lain berupa pasar rakyat. Acara ini dilangsungkan pada Sabtu dan Minggu atau 15 hingga 26 Februari 2023.

Sedangkan untuk acara inti tradisi Tinggalan Wiyosan Jumenengan Sampeyan Dalem Ingkang Jumeneng KGPAA Mangkunagoro X digelar pada hari Rabu, 1 Maret 2023 dan dimulai pada pukul 09:00 WIB.

Mangkunegoro X merupakan raja baru di Pura Mangkunegaran dan menjadi penerus dari Mangkunagoro IX. Menurut catatan Tempo, raja yang memiliki sebutan lengkap Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegoro X ini punya nama kecil Gusti Pangeran Harya (GOH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo.

Dia diangkat menjadi penguasa di Pura Mangkunegaran untuk menggantikan ayahnya, Mangkunegoro IX yang wafat pada 13 Agustus 2021. Menurut perhitungan kalender Jawa, pelantikannya sebagai pemegang tahta baru diselenggarakan pada Sabtu Pahing, 8 Rejeb tahun Alip 1955 atau bertepatan dengan tanggal 12 Maret 2022 Masehi.

Penanggalan Jawa inilah yang selanjutnya menjadi patokan untuk menggelar upacara adat Tinggalan Tinggalan Wiyosan Jumenengan Sampeyan Dalem Ingkang Jumeneng KGPAA Mangkunagoro X setiap tahun.