Digelar Hybrid, Satrio dan Olivia Jadi Pasangan Baru Putra Putri Solo 2021

513

Soloevent.id – Satrio Wahyu Priambodo dan Olivia Firdaus terpilih jadi pasangan baru Putra Putri Solo (PPS) 2021. Event Goers, gelaran ini diselenggarakan secara hybrid pada Sabtu malam, 13 November 2021 kemaren di panggung terbuka atau Open Stage Taman Balekambang. Meski hujan turun cukup deras, event ini tetap berjalan lancar.

Satrio Wahyu Priambodo yang saat ini masih berusia 18 tahun merupakan lulusan dari Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Solo dan menjadi wakil Kecamatan Pasar Kliwon. Sedangkan Olivia Firdaus, 20 tahun adalah wakil dari Kecamatan Jebres dan saat ini masih menempuh pendidikan di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Motivasi

Melalui video profil yang ditayangkan oleh panitia dalam acara grand final, Satrio menceritakan motivasinya mengikuti ajang Soloevent tersebut. Event Goers, pemuda ini ingin memberi konstribusi bagi promosi wisata kota Solo dan pemulihan ekonomi pada masa pandemi.

Sementara itu Olivia yang di kampusnya mengambil jurusan Ilmu Lingkungan Hidup dan masuk semester V mempunyai alasan yang agak berbeda. Dia berkeinginan untuk hadir di event tersebut sebagai pendorong semangat bagi generasi muda agar mau mencintai budaya bangsa.

Pemberian penghargaan dan penjurian

Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka beserta istri, Selvi Ananda yang hadir dalam acara ini memberi secara langsung piala penghargaan pada pemenang. Bahkan mereka mengikuti semua proses gelaran hingga selesai. Sebagaimana diketahui, Selvi Ananda penah ikut ajang ini pada 2009 dan keluar sebagai juara pertama.

Pada sisi yang lain Event Goers, pemilihan Satrio Wahyu Priambodo bersama Olivia Firdaus sebagai pasangan baru PPS 2021 harus melalui proses penilaian yang panjang. Setelah lolos dari berbagai seleksi ketat, mereka dan finalis lainnya wajib menjalani pendidikan dan pelatihan.

Keseluruhan jumlah pesertanya mencapai 148 orang dan sebelum resmi jadi pasangan PPS 2021, Satrio dan Priambodo telah berhasil masuk 20 besar finalis. Namun dalam acara grand final tersebut ada seorang peserta yang mengundurkan diri dengan alasan sedang sakit.

Pada acara grand final PPS 2021 tersebut Event Goers, penilaiannya dilakukan oleh R.Ay Febri Hapsari Dipokusumo selaku ketua penyelenggara. Selain itu ada Retno Wulandari dari Badan Promosi Pariwisata Daerah Kota Solo dan Tunjung W Sutirto, seorang pengamat budaya. Bambang Nugroho dan rekannya Elizabeth Sudira ikut jadi juri sebagai wakil dari pemuda Solo.

Untuk tahun ini, gelaran PPS 2021 mengambil tema ‘Salam Hanggayuh Kuncaraning Nagari’ dan disiarkan secara live di kanal Youtube Pariwisata Solo dan kanal Gibran TV. Pada kesempatan ini R.Ay Febri Hapsari Dipokusumo menegaskan jika tema tersebut mempunyai makna yang sangat mendalam.

Event Goers, di acara pembukaan Putra Putri Solo 2021 ini dia memberikan penjelasan, arti dari kalimat dalam bahasa Jawa tersebut adalah ‘Menggapai Kemasyuran Negeri’. Selain itu dengan adanya doa dan usaha, pandemi dapat segera berakhir agar Indonesia bisa berjalan lagi menuju era keemasan.