Di Tengah Pandemi, 5 Artis Ini Bikin Show #DiRumahAja

218

Soloevent.id – Kangen nonton konser? Kangen ketemu musisi idola? Pandemi COVID-19 ini berdampak tertundanya banyak event, salah satunya konser musik.

Biar tetap produktif dan hubungan dengan fans tetap terjaga, para musisi punya solusi di tengah kondisi seperti ini. Memanfaatkan internet, mereka berinisiatif menggelar konser daring. Tak melulu berformat konser sebenarnya, ada juga yang menampilkan jamming session.

Berikut ini lima musisi Indonesia yang menggelar konser online.

1. Pamungkas

Solois pria yang namanya sedang mengharum ini menggelar pertunjukan musik secara live streaming. Show-nya yang berlangsung pada 21 Maret lalu itu disiarkan lewat akun YouTube Asumsi .

Di akun Instagram-nya, Pamungkas menulis kesannya dalam caption. Ia merasa aneh bernyanyi tanpa ada penonton. Pelantun “I Love You But I’m Letting Go” itu pun berharap agar kondisi ini secepatnya dapat dipulihkan dan pandemi segera berakhir.

“The strangest thing, the closest I can get to be on stage (the only thing missing is you, guys)— hopefully you had fun thank you for spending your time. Let’s just hope things get better soon. See you in real life (Hal teraneh saat berada di panggung (satu-satunya hal yang hilang adalah kalian) –  semoga kamu bisa bersenang-senang, terima kasih sudah menghabiskan waktumu. Mari kita berharap semuanya segera membaik. Sampai jumpa di kehidupan nyata),” tulis Pamungkas.

2. Marion Jola

Jebolan Indonesian Idol 2018, Marion Jola, juga telah menggelar konser daring di akun Instagram-nya melalui fitur Instagram Live. Konser ini digelar pada 24 Maret silam. Penyanyi asal Nusa Tenggara Timur itu tidak tampil sendirian, dia menggandeng Novia Bachmid yang juga salah satu kontestan Indonesian Idol di tahun 2019/2020.

Tak cuma bernyanyi, perempuan yang akrab disapa Lala itu juga melakukan penggalangan dana untuk membeli Alat Proteksi Dini (APD) bagi para tenaga medis di kampung halamannya. Musisi wanita yang memopulerkan “Tak Ingin Pisah Lagi” ini turut mengajak penggemarnya untuk mendukung kerja tenaga medis dengan tetap #DirumahAja, seperti imbauan pemerintah untuk menekan jumlah orang yang terjangkit COVID-19.

3. Anji

Musisi yang kini bersolo karier, Anji, menggelar konser daring bertajuk Konser di Rumah Aja yang sudah diadakan pada 21 Maret lalu jam 20.00 WIB di tiga platform, yaitu YouTube, Facebook, dan Twitter.

Dilansir dari situs media, penyanyi yang ngetop dengan lagu “Dia” ini menyebut konser online ini diadakan untuk menghibur masyarakat yang sedang berjuang melawan persebaran virus corona baru atau COVID-19. Anji juga berpesan agar penggemarnya bisa melakukan gerakan #DiRumahAja.

Di konser malam itu, Anji tidak tampil sendirian. Dia bereuni dengan mantan rekan-rekan band-nya, Drive, dan juga tampil bersama penyani Angga Candra.



4. Danilla Riyadi

Di tengah pandemi COVID-19 ini, Danilla juga akan menyapa penggemarnya secara live streaming. Dia bersama teman-teman band-nya bakalan bermain musik dan menggelar workshop melalui kanal YouTube-nya, Danilla Official.

“Saya dan se-band, se-team akan main musik dengan sistem digital live streaming di YouTube saya yang link-nya ada di foto ini. Tanggalnya akan diumumkan, yang pasti di bulan ini. Semua panggung Danilla di bulan ini [Maret] kosong, maka mari kita nyanyi-nyanyi dari rumah,” tulis Danilla Riyadi di Instagram-nya.

Salah satu kegiatan daringnya, yaitu workshop online dengan  tajuk “Memantau Danilla Latihan”.  Acara ini bakal disiarkan pada 28 Maret 2020, jam 20.00 WIB.

Program ini menjadi cara Danilla untuk menggalang dana. Bekerja sama dengan loket.com, donasi yang terkumpul akan dipakai untuk membantu penyediaan Alat Pelindung Dini (APD) bagi para tenaga medis yang berjuang di garda depan melawan COVID-19.

5. Najwa Shihab

Meski bukan seorang musisi/penyanyi, presenter kondang, Najwa Shihab, punya gagasan membuat video klip dan menggelar konser daring selama masa #DiRumahAja. Dia mengajak musisi-musisi Tanah Air membawakan lagu “Rumah Kita” yang dipopulerkan oleh band rock legendaris, God Bless. Masing-masing mereka menyanyikan satu baris lirik.

Diolah dari beberapa media online, Najwa menuturkan video ini merupakan bagian dari rangkaian Konser Musik #DiRumahAja yang dilakukan dari tanggal 25-28 Maret 2020. Konser musik ini juga merupakan suatu kolaborasi bersama untuk penggalangan dana dalam membantu penangananan penyebaran COVID-19.

Para musisi bakalan tampil bergantian dari rumah masing-masing sembari mengajak penonton untuk berdonasi lewat platform daring. Najwa menggandeng musisi-musisi ternama, seperti Didi Kempot, Iwan Fals, Raisa, Rossa, Tulus, dan banyak lagi.

“Waktunya saling menguatkan sambil saling menghibur. Kesempatan donasi sudah terbuka di laman https://kitabisa.com/konserdirumahaja. Karena hari-hari ini, soliter adalah solidaritas,” ujar Najwa dalam caption akun Instagram-nya.